Zubair Bin Awwam

Siapa Zubair Bin Awwam? dia masih termasuk keluarga besar Rasulullah. Karena Zubair adalah anak Shafiyah Binti Abdul Muthalib, bibi Rasulullah.

Zubair memiliki kesamaan dengan Thalhah Bin Ubaidillah. Kenapa? karena mereka berdua hidup besar dalam kekayaan dan kedermawanan.

Zubair masuk islam saat Rasulullah menyampaikan dakwah pertamanya. Oiya, Zubair adalah sahabat Rasulullah yang pertama menghunuskan pedangnya. Ceritanya waktu Zubair sedang jalan-jalan, lalu tersiar kabar Rasulullah meninggal. Zubair pun mengelilingi kota Mekkah sambil bawa pedang.

Zubair Bin Awwam juga pembela Rasulullah, Rasulullah pernah bersabda ”Setiap nabi memiliki pembela, dan pembelaku adalah Zubair Bin Awwam”

Zubair memiliki keinginan meninggal dalam keadaan syahid. Karena keinginannya itu, Zubair menamai anak-anaknya dengan nama-nama sahabat Rasulullah yang sudah syahid.

Diantaranya adalah Abdullah, diambil dari nama Abdullah Bin Jahsy. Al-Mundzir, diambil dari nama sahabat Al-Mundzir Bin Amr. Hamzah, diambil dari nama Hamzah Bin Abdul Muthalib. Ja’far, diambil dari nama Ja’far Bin Abdul Muthalib.

Zubair juga jago memimpin perang, saat perang Yarmuk melawan romawi, pasukan muslim merasa tidak bersemangat. Zubair pun meneriakkan takbir, lalu maju ke pasukan musuh dalam keadaan menyerang sendiri.

Dan benar keinginan Zubair untuk mati syahid, saat perang Jamal meletus antara pasukan Ali Bin Abi Thalib dengan Aisyah Binti Abu Bakar. Zubair tidak ikut serta, tapi dia shalat di dekat kawasan peperangan itu, lalu ada salah satu pasukan Ali membunuh Zubair.

Pasukan Ali itu berhasil membunuhnya, dan membawa pedang Zubair kehadapan Ali, berharap Ali senang. Ali marah, lalu dia menyuruh pasukannya untuk mengusir orang itu. Ali sempat berkata”Pedang ini telah banyak berjasa, pedang ini telah melindungi Rasulullah dari mara bahaya.”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *