Usamah Bin Zaid

Usamah adalah anak Zaid Bin Haritsah, anak angkat Rasulullah saw.

Usamah juga adalah panglima perang(pemimpin perang) Rasulullah saw paling muda. Tapi ketika diangkat sebagai panglima, saat itu Rasulullah saw sedang sakit dan mau meninggal.

Usamah ketika itu disuruh untuk melawan pasukan Romawi di Ubna. Usamah juga saat itu usianya 18 tahun, di dalam pasukan Usamah juga banyak sahabat Rasulullah saw yang lebih senior menjadi panglima perang.

Diantaranya adalah Umar Bin Khaththab, Abu Ubaidah Bin Jarrah, Sa’ad Bin Abi Waqqash dan Sa’id Bin Zaid. Para sahabat banyak yang meragukan kepemimpinannya, salah satunya Umar Bin Khaththab. Tapi Rasulullah saw berkata diatas mimbar “Wahai kaum muslimin, apakah kalian meragukan kepemimpinan Usamah? Jika kalian meragukannya, maka berarti kalian juga meragukan bapaknya Zaid Bin Haritsah yang wafat di perang Mu’tah”

Pasukan Usamah pun tetap diberangkatkan oleh Rasulullah saw. Tetapi ketika di suatu daerah bernama Juraf, Rasulullah saw wafat. Usamah dan pasukannya tidak jadi melanjutkan perjalanannya dan pulang ke Madinah.

Setelah Abu Bakar menjadi khalifah, Abu Bakar tetap memberangkatkan pasukan Usamah dan Umar harus di Madinah.

Ketika sampai di tempat tujuan, ternyata musuh belum bersiap-siap. Sehingga dengan mudahnya pasukan Usamah menyerang kaum Romawi, dan ketika selesai tidak ada satu korban pun! semua sahabat pada selamat.

Usamah juga keluarga yang cukup mulia, karena ayahnya adalah Zaid Bin Haritsah anak angkat Rasulullah saw. Dan ibunya adalah Ummu Aiman, mantan pengasuh Rasulullah saw ketika kecil.

Usamah meninggal dalam tahun 53 Hijriyah atau 673 masehi. Selama hidupnya Usamah suka berjuang mengikuti para sahabat yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *