Cerita tentang Tokoh Islam dan Nama Tokoh Islam

Gambar orang lagi terjun payung

Pembukaan

 Assalamu’alaikum! Pada artikel kali ini tokoh islam dan nama tokoh islam. Tapi, aku akan menceritakan tokoh islam yang zaman dulu ( ketika masa islam berjaya ).

Nah, sekarang, mari kita langsung ke pembahasan utama, ya!

Pembahasan Tentang Nama-nama tokoh islam

 Tokoh islam yang mendunia ada banyak sekali, ada yang dikenal, maupun tidak. Yang terkenal itu misalnya Ar-Razi’, Al-Khawarizmi dan masih banyak lagi.

Disini, aku juga akan menyebutkan tokoh islam yang kurang terkenal, tapi, bermanfaat bagi dunia islam.

  1. Abdurrahman Al-Ghofiqi

Siapa itu Abdurrahman Al-Ghofiqi? Dia adalah seorang panglima islam yang sangat gagah berani. Al-Ghofiqi pernah memimpin peperangan sampai ke Prancis.

Dialah juga yang memimpin perang Bala’tusy Syuhada’, ini adalah nama pertempuran yang cukup besar yang membuat banyak pasukan muslim yang membela Al-Ghofiqi gugur.

Bahkan, Al-Ghofiqi sendiri gugur ( syahid / mati ) karena dipanah oleh pasukan musuh seusai perang.

  1. Muhammad Al-Fatih

Sebagai seorang muslim, pasti sudah tahu siapa itu Muhammad Al-Fatih, kan? Kalau belum, ini aku kasih tahu. Dia adalah penakluk kota Konstantinopel yang zaman dulu, pertahanan bentengnya kurang mudah ditembus.

Dialah yang mewujudkan kabar gembira yang disampaikan Rasulullah.saw bertahun-tahun sebelumnya. Padahal, sebelum dia, banyak sekali yang mau menaklukkan konstantinopel, tapi selalu nggak berhasil.

Oiya, Al-Fatih adalah anak dari Sultan Murad I dan cucu / cicit dari Sultan Bayazid I. Mereka berdua, baik Sultan Murad dan Sultan Bayazid, pernah menyerang Konstantinopel.

Awalnya, Sultan Bayazid hendak berhasil menaklukkan Konstantinopel, tapi, secara tiba-tiba, pasukan mongol / pasukan musuh yang ada di luar benteng, menyerang ke kerajaan Sultan Bayazid. Hingga akhirnya, pengepungan kota kuat itu dibatalkan, tapi, Sultan Bayazid sendiri malah tertangkap sama musuh dan akhirnya wafat di penjara musuh.

  1. Thariq Bin Ziyad

Kalian sudah tahu, siapa itu Thariq Bin Ziyad? Dia adalah seorang pahlawan muslim yang berhasil menaklukkan Andalusia ( sekarang Spanyol ).

Ada juga loh, gunung yang dinamai Jabal Thariq ( sekarang disebut Gibraltar ), jadi, ditempat itulah pasukan Thariq tiba di Andalusia. Waktu itu, pemimpin Andalusia adalah Roderick, dia adalah pemimpin yang kurang baik.

Jadi, begini ceritanya…

Ada seorang gubernur yang menjadi gubernur Tangier dan Ceuta. Gubernur ini lalu mengirimkan putrinya untuk belajar di Toledo. Nah, kan waktu itu, pemimpinnya adalah Roderick, lalu, si putri ini diperlakukan kurang baik sama Roderick.

Gubernur yang bernama Ilyan pun marah, dia lalu datang ke Qaryawan-Afrika Utara untuk menemui Musa Bin Nushair ( gubernur muslim di daerah itu ). Akhirnya, setelah Ilyan berhasil sedikit memporak-porandakkan kerajaan Roderick, pasukan pun dikirim untuk menaklukkan Andalusia.

Hingga akhirnya, terjadilah pertempuran di dekat kota Cordoba, dan akhirnya pasukan Thariq berhasil memenangkan pertempuran.

  1. Al-Jazari

Siapa itu Al-Jazari? Dia adalah seorang muslim yang pertama kali membuat robot, dialah juga yang pertama kali membuat roda gerigi ( sekarang disebut gear ).

Ia pernah membuat robot pelayan wudhu, jam air, robot penyanyi dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan robot & mesin.

  1. Ibnu Battutah

Ia adalah seorang penjelajah muslim yang terkenal karena mengelilingi dunia dengan bekal seadanya. Jangan bayangkan dulu jalan-jalan itu enak, Ibnu Battutah harus mengalami kapal ( perahu ) karam di tengah lautan, melewati padang pasir yang panas, bahkan, sampai dia hampir terkena hukuman mati ketika melewati sebuah daerah.

Ibnu Battutah juga pernah mengunjungi kerajaan Samudera Pasai, loh. Saat itu Sultannya adalah Sultan Malik Saleh, Ibnu Battutah menginap beberapa hari di kerajaan itu, lalu melanjutkan perjalanannya.

Lebih lengkap, baca artikel aku yang judulnya Ibnu Battutah

  1. Abu Nuwas

Kalian tahu siapa itu Abu Nuwas? Dia adalah seorang penyair dan di Indonesia lebih terkenal dengan nama Abu Nawas.

Abu Nawas hidup pada masa kekhalifahan Harun Ar-Rasyid ( kekhalifahan Abbasiyah ). Ia mulai membuat syair-syairnya yang indah ketika sudah tinggal di Baghdad.

Ia aslinya adalah orang Ahwas-Persia Barat. Ayahnya adalah orang Arab dan ibunya orang Persia,  Abu Nawas lahir pada tahun 756 masehi dan wafat tahun 813 masehi.

  1. Jabir Bin Hayyan

Jabir Bin Hayyan lebih dikenal dalam dunia islam dengan nama Ibnu Hayyan. Awalnya ia menjadi ilmuwan kimia, tapi, ia kemudian berpindah menjadi ilmuwan kedokteran.

Baik itu menjadi ilmuwan kimia dan ilmuwan kedokteran, Jabir Bin Hayyan punya penemuan di kedua bidang itu.

  1. Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Hanafi

Nama-nama yang kusebutkan diatas adalah nama-nama para imam dalam madzhab-madzhab mereka. Jadi, ada Madzhab Maliki, Madzhab Syafi’i, Madzhab Hambali dan Madzhab Hanafi.

Imam Maliki lahir di Madinah, dia adalah guru dari Imam Syafi’i dan penulis kitab Al-Muwatha’.

Imam Syafi’i lahir di Palestina, ia menghafalkan 30 juz Al-Qur’an di usia 7 tahun. Murid dari Imam Maliki dan mampu menghafal seluruh isi Al-Muwatha’.

  1. Uwais Al-Qarni

Kalian tahu, siapa itu Uwais Al-Qarni? Dia adalah orang yang kurang mampu dan tinggal di Qaran-Yaman. Ia sebenarnya hidup sezaman dengan Rasulullah.saw, tapi, ia belum pernah bertemu seumur hidupnya.

Rasulullah pernah berpesan kepada Abu Bakar, Umar dan Ali, agar bisa bertemu Uwais dan minta didoakan. Ketika Rasulullah wafat dan Abu Bakar menjadi khalifah, Abu Bakar selalu bertanya kepada para pedagang yang datang dari Yaman, “Apakah ada di antara kalian bernama Uwais?” “Tidak ada” jawab pedagang.

Hingga akhirnya, Uwais berhasil ditemui oleh Umar dan Ali, mereka minta didoakan. Uwais pun mendoakan kebaikan untuk mereka dan Uwais juga minta didoakan Umar dan Ali.

Uwais Al-Qarni tidak terkenal namanya di Bumi, tapi terkenal namanya di langit.

  1. Shalahuddin Al-Ayyubi

Kalian tahu, siapa itu Shalahuddin? Dia adalah penakluk Yerussalem ( Palestina ) kedua setelah Umar Bin Khaththab.

Kan, beberapa tahun setelah Umar wafat, Yerussalem kembali diserbu pasukan salib, lalu, bertahun-tahun kemudian, lahirlah Shalahuddin yang akan merebut kembali Palestina dari pasukan salib.

Shalahuddin ini hidup sebelum zaman Muhammad Al-Fatih, jadi, waktu itu Konstantinopel masih punya pasukan Byzantium.

  1. Umar Bin Abdul Aziz

Siapa sih, Umar Bin Abdul Aziz? Dia adalah seorang khalifah Bani Umayyah ( nama kehkhalifahan selain kekhalifahan Abbasiyah ). Ia juga cicit / cucu dari Umar Bin Khaththab atau pokoknya masih keturunan Umar.

Umar Bin Abdul Aziz memimpin kehalifahan Umayyah dengan adil, bahkan, ketika pemerintahannya, semua orang hidup dengan berkecukupan.

  1. Sufyan Ats-Tsauri

Sufyan Ats-Tsauri adalah nama orang saleh / ulama besar. Nama lengkapnya adalah Sufyan Bin Sa’id Bin Masruq Bin Habib Bin Rafi’ Bin Abdullah, ia lahir di Kufah-Irak dan wafat di Bashrah.

Guru pertama Sufyan adalah ayahnya sendiri, yaitu Sa’id Bin Masruq. Ayahnya adalah seorang ahli dalam bidang hadits yang taat beragama dan ibunya adalah perempuan yang selalu semangat mendorong anak-anaknya untuk belajar.

  1. Saifuddin Quthuz

Kalian sudah tahu, siapa itu Saifuddin Quthuz? Dia adalah sultan dari Kerajaan Mamluk di Mesir. Ia lebih terkenal dengan perlawanannya yang berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang terkenal hebat, kuat dan banyak prajuritnya.

Waktu itu, tak ada yang mampu mengalahkan mongol, kekhalifahan Abbasiyah juga runtuh karena serangan pasukan mongol.

Saifuddin Quthuz seakan dilahirkan hanya untuk membuat pasukan mongol tidak sombong lagi menjadi pasukan tak terkalahkan. Karena, selesai perang melawan mongol, ketika perjalanan pulang, ia dipanah oleh salah satu pasukannya  sendiri yang mengkhianatinya.

Kekuasaanya pun hanya sebentar.

 

Nama-nama ilmuwan yang disebutkan dengan pendek

Nah, itu tadi yang telah kujelaskan panjang lebar, masih ada banyak lagi jika kujelaskan panjang lebar, tapi, aku sekarang hanya memberi tahu nama-namanya saja, ya. Diantaranya ada :

  1. Ar-Razi’ ( dokternya para dokter )
  2. Al-Khawarizmi ( Ilmuwan muslim penemu angka nol )
  3. Khalid Bin Walid ( salah satu sahabat Nabi.saw, pemimpin perang Mu’tah pengganti dari Zaid, Ja’far dan Abdullah )
  4. Umar Bin Khaththab ( salah satu sahabat Nabi.saw, khalifah kedua dari khulafaur rasyidin )
  5. Ibnu Sina ( Bapak ilmu kedokteran )
  6. Qutaibah Bin Muslim ( pembawa risalah islam ke Tiongkok sekaligus penakluk Tiongkok )
  7. Imam Bukhari ( penulis kitab Shahih Bukhari )
  8. Imam Muslim ( penulis kitab Shahih Muslim )
  9. Al-Battani ( Matematikawan sekaligus astronom )
  10. Harun Ar-Rasyid ( khalifah dari kekhalifahan Abbasiyah )
  11. Khalid Bin Yazid ( Khalid Bin Yazid Bin Muawiyah Bin Abu Sufyan )
  12. Abdurrahman Ad-Dakhil ( pendiri kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia-Spanyol )
  13. Umar Khayyam ( Ilmuwan sekaligus sastrawan )
  14. Al-Zarqali ( Astronom legendaris / nama asli Abu Ishaq Ibrahim )
  15. Azophi ( Abdul Ar-Rahman As-Sufi )
  16. Al-Asma’i ( Pakar zoologi muslim pertama )
  1. Ibnu Firnas ( ilmuwan muslim yang pertama kali bikin pesawat jauh sebelum wright bersaudara. Pesawatnya sekarang dikenal dengan pesawat layang ) Lebih lengkap, baca artikel aku yang judulnya Ibnu Firnas

Foto pesawat layang

 Foto Parasut

Gambar orang lagi terjun payung

Penutup

 Nah, teman-teman, aku sudah membahas nama-nama para ilmuwan muslim dan menjelaskannya beberapa. Tapi, kenapa meskipun banyak sekali ilmuwan muslim dan tokoh muslim hebat, islam sekarang itu redup? Karena, saat ini, banyak masyarakat muslim yang hanya ingin santai-santai saja.

Sekarang, malah yang bersinar terang adalah bangsa Eropa, tapi, tenang saja, nanti di akhir zaman, islam akan bersinar terang lagi dan itu adalah masa terakhir kali islam berjaya. Saat itu adalah masa kepemimpinan Al-Mahdi.

Ada juga beberama nama yang bisa jadi nama bayi / anak lakilaki, contohnya Khalid, Umar dan masih banyak lagi.

Cukup dulu ya, pembahasan kali ini, sampai ketemu di artikel berikutnya. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh!

 

Sumber : https://islamislogic.wordpress.com/100-ilmuwan-muslim/, 36 kisah inspiratif ilmuwan muslim dan ensiklopedia Tokoh islam dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *