Shuhaib Bin Sinan

Assalamualaikum kawan, aku mau cerita tentang Shuhaib Bin Sinan.

Sebelumnya, kita kenalan dulu siapa itu Shuhaib Bin Sinan? Shuhaib Bin Sinan adalah sahabat Rasulullah saw. Shuhaib berasal dari Ubuilah, lalu ditawan dan akhirnya dia menjadi seorang pedagang.

Ubuilah itu ada dimana sih? Ubuilah itu ada di Irak, Shuhaib dan keluarganya sebenarnya adalah orang Arab, lalu pindah ke sana.

Bagaimana kisahnya?

Shuhaib Bin Sinan lahir di Ubuilah, lalu suatu ketika desa itu diserang oleh bangsa Romawi. Shuhaib ditawan oleh bangsa romawi, kemudian Shuhaib dibawa ke Romawi, disana ia menjadi pembantu. Karena Shuhaib selalu jujur, ia pun dimerdekakan.

Nah, setelah merdeka Shuhaib pun mulai berdagang di Mekkah. Saat Rasulullah menjadi Nabi, Shuhaib masuk islam bersama Ammar Bin Yasir. Jadi Shuhaib dan Ammar masuk islamnya bareng kawan.

Shuhaib adalah pendatang jadi tidak punya keluarga di Mekkah, kalau Ammar itu seorang yang miskin.

Saat Rasulullah hendak hijrah bersama Abu Bakar, sebetulnya Shuhaib pengen ikut serta. Tapi sayang sekali, dia tertangkap kaum Quraisy, Rasulullah dan Abu Bakar selamat.

Apakah Shuhaib berhasil lolos? Ternyata berhasil kawan!

Saat kaum Quraisy sedang tidak melihat, dia segera melanjutkan perjalanan. Lalu kaum itu menyusulnya, setelah itu Shuhaib berkata

“Hai kaum Quraisy! Kalian tahu saya adalah pemanah ulung{Pemanah jago} kalau kalian halangi aku, aku tembak kalian dengan ini”kata Shuhaib

“Kami tahu Shuhaib! Tapi kami khawatir kamu membawa hartamu” jawab Quraisy

“Kalau begitu aku tunjukkan tempat penyimpanan uang aku, sementara biarkan aku hijrah ke Madinah!” kata Shuhaib

“Baiklah kami setuju!” jawab Quraisy

Shuhaib pun menunjukkan tempat penyimpanannya, setelah itu dia berangkat ke Madinah.

Shuhaib adalah seorang yang periang dan jenaka.

Sumber: 101 Sahabat Nabi by Hepi Andi Bastoni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *