Serunya Main Hujan dan Pengetahuan Tentangnya

Assalamualaikum, kali ini aku mau membahas tentang hujan nih. Supaya tidak terlalu formal, ditambahin juga kisah aku main hujan. Dan itulah, asal muasal judul serunya main hujan!

Yuk, ikuti aja!

Aku suka sekali main hujan bersama adikku di belakang rumah yang ada di Batulicin. Karena disana punya tanaman dari kacang hijau, seringkali sambil melihat tanaman. Yah, sayangnya. Kalau hujannya deras banget, tanamannya bisa kerendam air, kan pendek tuh.

Tapi kadang masih ada beberapa yang bertahan. Dan menghasilkan bibit baru untuk ditanam lagi. Yah, memang pendek kisahnya. Lalu, bagaimanakah proses terjadinya hujan?

Proses terjadi hujan karena air di bumi mengalami penguapan. Terjadi penguapan karena matahari memanaskan air di bumi.

Nah uap air itu akan mengalami pemadatan, lalu hembusan angin meniupkan awan lain ke awan itu. Sehingga awan satu makin berat ditambah angin berhembus makin kencang. Akhirnya terjadilah hujan. Dibawah ini contoh gambarnya.

serunya main hujan

Jika suhu angin sangat rendah, maka yang terjadi turun salju. Dan disebut dengan hujan salju. Hujan juga memiliki jenisnya sendiri. Yaitu :

Hujan Konvektif

Hujan jenis ini terjadi tidak di seluruh wilayah. Tapi hanya pada cakupan wilayah yang kecil, jadinya kamu bisa melihat pada daerah tertentu hujan turun dengan deras namun sekitarnya tidak hujan. Menakjubkan bukan?

Hujan Relif

Jenis ini sering turun pada daerah perbukitan & pegunungan.

Hujan Frontal 

Hujan ini bisa terjadi di waktu pertemuan udara dingin & hangat. Seperti ketika kamu mendaki bukit, semakin tinggi naik, semakin dingin pula suasana di atas. Hal ini berlaku juga pada hujan. Ketika udara panas naik menuju atmosfer lalu menabrak udara dingin diatas.

Udara yang mulai dingin tersebut berubah menjadi awan stratus. Dan turun ke permukaan bumi sebagai hujan. Hujan frontal biasanya diikuti oleh angin kencang dan petir.

Hujan Muson

Hujan ini disebabkan oleh angin yang menyebabkan musim hujan dan kemarau. Angin ini berhembus dari benua asia ke australia seiring dengan perubahan musim.

Ketika angin ini melewati berbagai samudra maka akan ada banyak uap air yang berakibat terjadinya hujan. Sering kali hujan jenis ini turun di India, asia tenggara, dan beberapa kawasan lainnya.

Baca yang Lain : Macam-Macam Energi & Fakta Menarik Air

Oke, sekian dulu artikel berjudul serunya main hujan kali ini. Semoga semakin menambah wawasan. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.