Salamah Bin Qais Al-Asyja’i, Si Penakluk Kota Ahwaz

Assalamualaikum, aku mau bercerita tentang sahabat Rasulullah saw yang keren, dia juga adalah penakluk kota Ahwaz yang berada di Iran. Siapakah nama sahabat itu? Dan dia adalah Salamah Bin Qais Al-Asyja’i.

Nah, pada malam hari itu, khalifah Umar sedang melihat-lihat kondisi warganya seperti biasa. Tapi, pada malam itu selain melihat kondisi warga, Umar juga sedang mencari pemimpin untuk mentaklukkan kota Ahwaz-Iran.

Umar pun akhirnya terpikir untuk memilih dia saja menjadi pemimpin. Ketika waktu subuh telah tiba, Umar pun memanggil sahabat yang ada di pikirannya tadi malam.

Umar memberikan pesan kepada Salamah seperti ini, “Wahai Salamah, engkau aku angkat jadi pemimpin menaklukkan kota Ahwaz. Sebelum perang, ajak mereka masuk islam, kalau tidak mau maka suruh bayar jizyah. Jika masih tidak mau barulah diperangi” Salamah pun menyanggupinya.

Tahu tidak bagaimana jalan menuju kota Ahwaz? Ternyata untuk menempuh perjalanan ke Ahwaz tidak terlalu mudah. Kota Ahwaz terletak di atas bukit yang jalannya sulit dilalui, bangsa yang ada di sana juga memiliki benteng yang cukup kokoh.

Tetapi, Salamah dan pasukannya tetap sabar. Hingga akhirnya sampailah di kota Ahwaz, Salamah dan pasukannya mengajak mereka masuk islam. Tetapi mereka tidak mau, lalu disuruh bayar jizyah (pajak), mereka malah semakin sombong.

Salamah dan pasukannya tidak ada jalan lain selain perang. Maka perang pun meletus antara dua pasukan. Korban mulai berjatuhan dari dua pihak dan akhirnya pasukan islam menang, deh!

Pasukan Salamah mendapatkan harta rampasan yang sangat banyak, salah satunya sebuah perhiasan yang indah. Salamah mengutus seseorang untuk mengirim hadiah itu dalam sebuah kotak kecil.

Tiba dihadapan Umar, Umar bertanya ke utusan itu bagaimana keadaan kaum muslimin. Terjadi percakapan antara Umar dengan utusan itu, yaitu

“Bagaimana kabar kaum muslim?” tanya Umar

“Alhamdulillah, kami menang dan mendapatkan harta rampasan yang cukup banyak” jawab sang utusan

“Alhamdulillah” ujar Umar

“Kami mendapatkan sebuah perhiasan yang indah di antara harta rampasan. Kata Salamah perhiasan ini untuk khalifah” kata sang utusan

Melihat ada sebuah perhiasan, Umar berkata “Apakah kalian ingin menjerumuskan aku ke neraka dengan benda ini ?! Cepat, kumpulkan semua prajurit dan bagikan harta itu kepada mereka. Jika tidak aku akan menghukum kalian”

Ketika Salamah mengetahui hal ini, dia pun akhirnya cepat-cepat membagikan harta itu kepada semua prajurit.

Nah, itu dia kisah Salamah Bin Qais Al-Asyja’i menaklukkan kota Ahwaz. Udah dulu ya, wasalamualaikum warah matullahi wabarakatuh!

Sumber:101 sahabat nabi

Penulis:Hepi Andi Bastoni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *