Review Buku Yoyoh Yusroh, Siapa Dia?

Review Buku Yoyoh Yusroh

Assalamualaikum, kali ini aku akan melakukan review buku berjudul Yoyoh Yusroh. Menurut orang dia sudah banyak membantu. Orang ini akrab dipanggil Ummi.

Ya sudah, langsung saja ke kisahnya ya!

Pada tanggal 14 November 1962 di hari Selasa, Ummi pun lahir. Tempatnya adalah Batu Ceper-Tangerang. Ia \saudara keempat dari sepuluh bersaudara, tetapi ketiga kakaknya telah wafat ketika kecil.

Ayahnya bernama H.Abdussomad dan ibunya bernama Hj. Aminah. Setelah Ummi lahir, tetangga menyarankan agar tidak diberi nama selama beberapa hari, agar tidak cepat menyusul tiga kakaknya.

Semua keluarga besar menyarankan memanggil Ummi dengan “Orok”. Tapi ayahnya keberatan, akhirnya dia memanggil anaknya Yoyoh, lalu ditambah kata Yusroh agar diberi kemudahan oleh Allah.

Akhirnya Ummi pun bisa hidup lebih lama dari tiga kakaknya, bahkan sampai menikah dan punya 13 orang anak.

Ketika Ummi kecil, ia sering sekali diajak ke pengajian. Salah satunya karena ayahnya guru mengaji dan ibunya pun sama. Nah, Ummi juga sering diajak ke pengajian tokoh-tokoh terkenal di Betawi.

Oiya, Ummi juga diajarkan pidato oleh ayahnya, bahkan dari umur lima tahun. Itu juga memakai bahasa Arab-Melayu. Akhirnya, ketika usianya sekitar diatas tujuh tahun, Ummi sering pidato di majelis ta’lim ayahnya.

Ummi juga sering diajar mandiri. Suatu ketika, kedua orang tuanya pergi haji selama tiga bulan dengan kapal laut. Waktu itu, usia Ummi masih sepuluh tahun, tetapi dia menjaga adiknya yang berjumlah enam dan masih kecil.

Untunglah Ummi dibantu keluarga besarnya, karena rumahnya dekat dengan rumah keluarga besarnya yang lebih tua.

Oiya, ketika Ramadhan, pernah ia ingin membantu memasak ibunya, tetapi ibunya menyuruh agar terus mengaji, akhirnya Ummi mengaji sampai bisa khatam lima atau enam kali. 

Sedangkan nama anak-anaknya antara lain.

  1. Ahmad Umar Al-Faruq
  2. A’Izza Jundana
  3. Asma Karimah
  4. Huda Robbani
  5. Shalahuddin Al Ayyubi
  6. Ja’far Athoyar
  7. Salma Salimah
  8. Muhammad Ayassy
  9. Walid Ghozin
  10.  Adil Gholib
  11.  Abdullah Aminuddin
  12.  Helma Hamimah
  13.  Rahma Rahimah

Baca artikel lainnya : Food and Nutrition atau Dhihya bin Khalifah Al-Kalabi

Oke, sekian dulu artikel tentang review buku Yoyoh Yusroh. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *