10 Pengusaha Muslim Indonesia di Waktu Sekarang

Jaya Setiabudi

Ada banyak sekali pengusaha muslim Indonesia. Dan sebagian besar, memberikan pengaruh kepada orang-orang di sekitarnya. Contoh yang sangat terkenal adalah Ustadz Yusuf Mansur dan AA Gym. Salah satu perusahaan yang didirikan UYM adalah PT Veritra Sentosa International. Salah satu yang dihasilkan adalah Paytren.

Sedangkan AA Gym, mempunyai perusahaan yang bernama PT MQ Corporation, menaungi banyak perusahaan yang dikelolanya.

Ya sudah, tak perlu berlama-lama! Baca daftar isi dan simak selengkapnya! Selamat membaca.

1. Rendy Saputra

Pengusaha Muslim Indonesia

Lahir di tanggal 1 Juli tahun 1986. Kuliah di ITB Jurusan Teknik Perminyakan. Ternyata, kehidupan kuliahnya kurang berjalan dengan lancar. Akhirnya ia pun mundur dari kampusnya dan menyusun karier di dunia edukasi bisnis.

Karena kemahiran dalam bisnis, ia pun menjadi CEO KeKe Busana. Rendy Saputra juga mencoba mendirikan perusahaan produksi film. Namanya Inspira Picture. Film pertama yang di produksi adalah film “Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi”. Selain itu, ia juga jadi founder SSN (Serikat Saudagar Nusantara).

2. Felix Siauw

Tentu, nama diatas sudah tidak asing lagi. Sama seperti Ustadz Yusuf Mansur dan AA Gym, ia juga seorang ustadz yang juga berbisnis. Ustadz Felix Siauw ini masih keturunan Tionghoa. Sama juga seperti UYM dan AA Gym, Felix Siauw sukses berbisnis.

Bisnis yang dijalaninya ada di beberapa bidang, diantaranya :

A.. Fashion muslim = Hijab Alila (bersama dengan istrinya)

B.. Distributor buku = Al-Fatih Center

C.. Desain visual & dakwah kreatif = Al Fatih Studio

D.. Travel Umroh = Satu Tours

E.. Nulis buku-buku

3. Jaya Setiabudi

Jaya Setiabudi

Lahir di Semarang-Jawa Tengah, pada tanggal 27 April 1973. Kuliah di universitas swasta di Surabaya dan berhasil lulus dari sana.

Salah satu karya tulisnya adalah “The Power Of Kepepet”. Selain buku best seller, dia juga punya situs bernama Yukbisnis.com yang didirikan tahun 2012 lalu. Tak hanya itu, Jaya Setiabudi juga mendirikan pelatihan bisnis yang mempunyai nama Entrepreneur Camp (ECamp).

4. Elang Gumilang

Pengusaha Muslim Indonesia

Elang Gumilang lahir di tanggal 4 Juni 1985. Dari muda, ia sudah berjualan donat di kelas tiga SMA. Lalu, ketika kuliah, macam-macam bisnis pernah dijalaninya. Nama universitas yang menjadi tempatnya belajar adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

Nah, nama perusahaan yang didirikannya adalah Elang Group. Perusahaannya berjalan ke arah properti.  Sebelum sukses di bidang ini, Elang Gumilang pernah jualan donat, menjadi penyuplai lampu (jualan lampu Phillips), jualan minyak goreng dan yang terakhir mendirikan kursus bahasa Inggris.

5. Muhammad Iman Usman

Muhammad Iman Usman

Barangkali, diantara pembaca, siapa yang sudah pernah mendengar namanya? Jadi, siapakah Muhammad Iman Usman? Dan dia adalah, pendiri RuangGuru.com. Informasi singkat, ruangguru itu tempat konten & penyedia layanan jasa pendidikan dalam bentuk teknologi.

Iman dapat inspirasi ini ketika ia hendak melakukan persiapan tes pendidikan di Amerika. Nah, ia mencoba mencari guru privat lewat internet. Tapi, ternyata kurang mudah mencari guru privat berdasarkan internet saja. Karena informasinya tak beraturan.

Iman lalu menyadari kalau tempat bimbel (bimbingan belajar) yang terdaftar di Indonesia hanya sedikit saja. Dan tiga bimbel terkenalnya, hanya punya sekitar 200.000 & 300.000 pelajar. Itu tentu tidak sebanding dengan 60 juta pelajar di Indonesia.

Akhirnya, dibuatlah RuangGuru.com. Nah, orang-orang yang mendirikan sesuatu, seringnya tidak sendiri. Muhammad Iman Usman mendirikan ini bersama dengan Adamas Belva Devera.

6. Dewa Eka Prayoga

Pengusaha Muslim Indonesia

Dewa lahir di Sukabumi-Jawa Barat 21 April 1991. Salah satu karya tulisnya sendiri adalah “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula“. Dan buku ini pun laris di pasaran.

Sedangkan salah satu bisnisnya adalah Billionairestore dan Jago Jualan. Kalau bidang-bidang bisnis yang dijalaninya, ada hijab sampai furniture & kosmetik, ini dijalani bersama istrinya.

7. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir

Mungkin sudah banyak yang tahu siapa orang ini. Ia akrab dikenal dengan nama Boy Thohir. Boy merupakan bos sebuah perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Apa lagi kalau bukan, Adaro. Dia juga salah satu pengusaha muslim sukses di Indonesia.

Karena Adaro berkembang pesat, di tahun 2017, Boy ada di posisi 23 dari 50 orang terkaya di Indonesia yang dibuat Forbes. Bagaimana tidak? Kekayaannya sampai 1,4 miliar dollar!

Sebelum sukses di batu bara, Garibaldi Thohir pernah bisnis properti, tapi kurang berhasil. Akhirnya, ia pun terjun di bidang batu bara, setelah beberapa lama, ia pun bisa membeli Adaro dari tangan negara asing.

Selain itu, ia juga mendirikan Masjid At-Thohir sebagai bukti baktinya kepada ayahnya yang sudah wafat. Masjid ini ada di kawasan Podomoro Golf View, Cimanggis, Depok-Jawa Barat. Masjid ini bisa dibilang cukup besar, karena jamaah yang bisa ditampung disini sekitar 700-1.000 orang.

8. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Siapa yang belum kenal orang ini? Atau mungkin, siapa yang belum kenal TransMedia, TransStudio dan lain-lain? Atau sudah tahu dua-duanya? Yups! Chairul Tanjung juga salah satu pebisnis muslim sukses di Indonesia. Bahkan, tahun 2020 versi Forbes, ia masih masuk 10 besar orang terkaya Indonesia.

Sejak kuliah, CT (Chairul Tanjung) sudah menawarkan jasa foto copy & jualan buku. Saat itu, ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UI. Secara singkatnya, bisnis yang pernah dijalani CT tapi kurang sukses adalah bisnis alat kedokteran dan bisnis konstruksi.

Lalu, CT pun mendirikan pabrik sepatu dan mendirikan Para Group di tahun 1987. Setelah itu, Para Group ambil alih Bank Karman yang terancam bangkrut di tahun 1998 (Bank Karman adalah nama versi terdahulunya Bank Mega). Para Group pun berubah nama menjadi CT Corp.

CT Corp pun akhirnya berkembang hingga punya :

A. Trans Media Group

B. Trans Studio

C. Trans Mart

D. Bank Mega

E. Detik.com

F. Carrefour

G. Trans Hotel

H. Trans Fashion

I. Dan masih banyak lagi

9. Hendy Setiono

Hmm, siapa yang belum kenal Hendy Setiono? Atau, apakah ada yang tahu Kebab Turki Baba Rafi? Yups, Hendy Setiono-lah yang mendirikan & pemilik bisnis ini. Ini adalah salah satu bisnis makanan tersukses di Indonesia.

Mungkin, banyak yang mengira mendapat inspirasinya ketika sedang di Turki? Sebetulnya, Hendy mendapat inspirasi ini ketika di Qatar dan lihat banyak pedagang kebab. Dengan modal empat juta, ia bekerja sama dengan seseorang (diberi tahu di akhir pembahasan ini).

Saat itu baru tahun 2003 dan mereka memulainya di Jakarta. Gerobaknya pun hanya dua. Setelah 16 tahun, bisnisnya pun sukses besar. Dari dua gerobak, melejit jadi 1.200 outlet di seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa sampai di Malaysia, China, Filipina dan Sri Lanka!

Nah, jadi, siapakah orang yang bekerja sama dengan Hendy? Dan dia bernama Hasan Baraja.

10. Achmad Zaky

Mungkin, sebagian besar pembaca sudah tahu siapa orang ini. Bisa dibilang, ia pengusaha muslim Indonesia di bidang e-commerce yang sukses. Sudah tahu teknologi sejak SD. Bahkan pernah menang di Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer.

Berkuliah di fakultas teknik informatika di Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Zaky juga pernah mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi yang mempunyai nama Suitmedia.

Lalu, di tahun 2010-lah, Zaky mendirikan sebuah perusahaan e-commerce. Dan, perusahaan yang didirikannya ini terkadang dijuluki Si Merah. Sudah tahu, namanya apa? Tak lain, tak bukan, Bukalapak / Bukalapak.com.

Jadi, itulah 10 pengusaha muslim Indonesia. Bagaimana, apakah ada yang baru mengetahuinya? Sebenarnya tak hanya itu, tapi hanya 10 yang bisa saya sebutkan.

Kalau penasaran siapa saja pengusaha muslim dunia yang sukses-sukses. Silahkan klik DISINI! Sekian artikel ini, wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *