4 Pengusaha Muslim Dunia yang Hebat!

Mohammed Al Amoudi

Jika di artikel sebelumnya membahas pengusaha muslim indonesia, sekarang kita bahas dalam versi dunia. Meskipun pengusaha-pengusaha di dunia sebagian besar agamanya non muslim, tapi tetap ada pengusaha muslim yang juga sukses loh!

Pengusaha-pengusaha ini bahkan bisa dibilang pengusaha muslim terkaya di dunia. Kekayaan mereka bisa miliaran dolar!

Tidak perlu panjang-panjang lagi, lihat daftar isi dan selamat membaca!

1. Azim Hashim Premji

Pengusaha Muslim Dunia

Pernah mendengar nama ini? Azim Hashim Premji atau biasa dikenal Azim Premji. Ia adalah orang India. Di negaranya, Azim pernah mendapat posisi kelima di tahun 2011 dari urutan orang-orang terkaya. Sementara di dunia, pernah mendapat posisi 36!

Apa sih, yang bisa membuat dia bisa kaya banget? Salah satunya karena perusahaannya. Ya, perusahaan yang didirikannya bernama Wipro Limited. Bidang perusahaan itu adalah IT Outsourcing.

Tahukah kamu, yang menggunakan jasa perusahaannya adalah perusahaan besar? Misalnya ada Microsoft, Toshiba, Phillip Morris dan banyak lagi.

Karena itulah, Azim Premji pernah dijuluki “Bill Gates” India. Emangnya, berapakah kekayaan yang dimilikinya? Ada sekitar US$7,5 miliar. Kalau diubah ke rupiah, bisa 50 triliun loh!

Kalau masih penasaran tentang Azim Premji, bisa baca buku The Billionaire Way. Disana ada sisi lainnya yang dibahas. Klik DISINI.

2. Pangeran Al-Waleed

Ia adalah seorang pengusaha sukses. Selain itu, ia juga seorang investor serta anggota keluarga kerajaan Arab Saudi. Mengapa masih termasuk anggota? Karena, Al-Waleed masih keturunan pendiri Arab Saudi, Raja Abdul Aziz Al-Saud. Lebih tepatnya, ia adalah cucunya.

Bisa dibilang, Al-Waleed adalah pangeran terkaya di dunia. Ini dikarenakan ia menjadi pendiri sekaligus CEO perusahaan investasi, yang mempunyai nama Kingdom Holding. Perusahannya ini sudah terkenal, loh.

Karena perusahaannya besar, Al-Waleed pun berinvestasi di perusahaan besar. Contohnya Apple, Twitter, Four Seasons (hotel), Citigroup dan lain-lain.

Karena banyaknya bidang usaha yang dijalani, akhirnya kekayaannya juga besar. Bahkan jadi CEO muslim terkaya di dunia. Mau tahu berapa total kekayaan bersihnya? Jumlahnya ada US$21.8 miliar! Hmm, kalau dirupiahkan, bisa sekitar 314 triliun!

3. Aliko Dangote

Aliko Dangote

Berkewarganegaraan Nigeria. Nah, ternyata ayahnya juga merupakan pengusaha sukses loh. Jadi bisa saja Aliko mengikuti jejak ayahnya.

Lalu, perusahaan apakah yang ada di tangannya? Salah satunya adalah Dangote Group. Bidang perusahaan ini adalah komoditas dan pasar utamanya adalah negaranya sendiri, Nigeria. Tapi tentu tidak di Nigeria saja, perusahaan ini juga menyebar di beberapa negara yang masih masuk Afrika.

Jika Azim Premji masuk posisi kelima orang terkaya di negaranya, Aliko Dangote lebih tinggi sedikit. Ia pernah menjadi orang terkaya nomor satu di Afrika!

Sementara di dunia, peringkatnya ada di bawah Azim. Ia pernah ada di posisi 43 loh! Berapakah kekayaan orang ini? Sekitar US$18.3 miliar, loh. Kalau diubah ke rupiah, sekitar 264 triliun!

4. Mohammed Al Amoudi

Mohammed Al Amoudi

Mohammed ini masih keturunan Afrika tapi berkewarganegaraan Arab Saudi. Ayahnya adalah orang Yaman dan ibunya orang Ethiopia. Karena kekayaannya, di tahun 2016 pernah menjadi orang terkaya Ethiopia, orang terkaya nomor dua di Arab Saudi dan orang berkulit hitam terkaya nomor dua di dunia.

Wah, apa sajakah yang dijalaninya? Salah satunya adalah bisnisnya di bidang minyak. Tapi, sebelum sukses disitu, ia pernah menjalani bisnis konstruksi dan real estate.

Ia lah yang mendirikan Midroc Group dan menjadi ketuanya. Tak hanya itu, ia menjadi pemilik Preem Petroleum AB. Lalu Mohammed ini juga memiliki perusahaan bernama Svenska Petroleum Exploration AB dan Midroc Scandinavia AB.

Tak hanya perusahaan, ia juga melakukan aktivitas investasi, loh! Jadi, berapakah kekayaan Mohammed Al Amoudi? Ada sekitar US$13 miliar!

Nah, itulah empat pengusaha muslim dunia. Mereka semua kaya raya tapi juga tidak melupakan akhirat mereka. Misalnya Aliko Dangote yang rajin menyumbangkan hartanya untuk badan amal yang bergerak di bidang bantuan bencana.

Selain pengusaha itu, Islam juga punya ilmuwan-ilmuwan hebat di masa lalu. Misalnya Al-Jazari dan Al-Buzjani. Penasaran, siapa mereka? Silahkan klik linknya.

Sekian dulu artikel ini, semoga semakin menambah wawasan. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *