Pengertian Microsoft Word Apa yang Belum Kamu Ketahui

Cover Pengertian Microsoft Word

Assalamu’alaikum, di artikel ini akan dibahas pengertian microsoft word. Mulai dari manfaat dan kegunaan ms word sampai apa yang dimaksud dengan ms word.

Kalau begitu, mari kita langsung saja membahas pengertian ms word.

A. Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word

Disini, Saya akan memberi tahu 12 manfaat sekaligus kegunaan word. Apa saja itu? Lihat berikut ini :

  1. Menghemat waktu dan tenaga dalam hal tulis menulis
  2. Meminimalisir penggunaan kertas dan cukup menjaga lingkungan
  3. Meminimalisir kesalahan dalam penulisan
  4. Membuat surat dengan lebih cepat
  5. Bisa membuat buku dalam berbagai format
  6. Membuat dokumen terlihat profesional dengan gaya penulisannya yang beragam. Seperti warna, jenis font dan masih banyak lagi.
  7. Mempermudah mengedit dokumen dengan mudah dan dapat dibuka kapan saja
  8. Ada beragam template yang bisa diunduh untuk mempercepat pembuatan dokumen.
  9. Bisa membuat dokumen yang dapat dicetak seperti laporan kerja, tugas, surat dan banyak lagi.
  10. Bisa membuat dokumen ilmiah pakai fitur References untuk mempermudah dalam penulisan ilmiah.
  11. Terkoneksi juga dengan SkyDrive untuk menyimpan dokumen otomatis, tapi secara online.
  12. Bisa digunakan untuk membuat surat yang dikirim berbanyakan.
  13. Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa memberikan manfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari.

B. Ekstensi Nama File Dokumen Microsoft Word

File name extension yang dihasilkan oleh Word itu bervariasi sesuai dengan versi software yang digunakan.

  1. Versi Word 2010 dan keatasnya akan menghasilkan ekstensi nama file .docx
  2. Versi Word 2007 dan kebawahnya akan menghasilkan ekstensi nama file .doc

Oiya, file name extension adalah karakter di belakang nama file yang dipisahkan dengan titik. Contohnya “Dokumen 1.doc” adalah sebuah file dokumen yang dihasilkan Microsof Word.

C. Sejarah Microsoft Word

Di sejarah ms word ini, Saya akan membahas tentang pendirinya terlebih dahulu baru kemudian sejarahnya. Bagaimanakah kisahnya? Lihat berikut ini.

1. Mengenal Sang Pendiri

Mungkin, hampir sebagian besar orang sudah mengetahui, siapa pendiri dibalik perusahaan Microsoft. Tapi, mungkin juga masih ada yang belum mengetahuinya, jadi akan saya bahas saja berikut ini.

Bill Gates : Nama lengkapnya adalah William Henry Gates III. Tapi, lebih dikenal dengan nama Bill Gates. Dia adalah seorang tokoh bisnis, investor, villantropis dan mantan CEO yang sekarang menjabat sebagai ketua Microsoft.

Paul Allen : Nama lengkapnya adalah Paul Gardner Allen. Tapi, lebih dikenal dengan nama Paul Allen. Ia adalah seorang investor dan villantropis Amerika. Dia ikut mendirikan Microsoft bersama Bill Gates pada tahun 1975.

2. Tahun 1981-1990

Ide dan konsep Microsoft Office Word banyak diadaptasi dari Bravo, itu adalah program pengolah kata pertama yang berbasis grafik dan diciptakan oleh Charles Simonyi. Program Bravo itu dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center ( disingkat PARC ).

Lalu, Simonyi bersama dengan Richard Brodie meninggalkan Xerox PARC secara bersama-sama untuk bergabung dengan Microsoft pada tahun 1981. Lalu, tanggal 1 Februari dua tahun kemudian Multi- Tool Word mulai dikembangkan.

Multi- Tool Word adalah nama dulunya word. Perubahan nama menjadi Microsoft Word ini mulai dipakai pada tahun 25 Oktober 1983. Sebelum Word muncul, penguasa dunia pengolah kata adalah aplikasi WordPerfect dan WordStar.

3. Tahun 1990-1995

Di rentang tahun inilah Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari word dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dolar Amerika Serikat. Lalu dengan dirilisnya versi Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualannya pun akhirnya mulai terdongkrak ke atas ( naik ).

D. Fungsi Microsoft Word / Penggunaan Microsoft Word

MS Word tentu saja juga mempunyai fungsinya, diantaranya adalah :

  1. Membuat surat menyurat
  2. Membuat dokumen
  3. Membuat tabel
  4. Menambahkan gambar pada dokumen
  5. Membuat dokumen dengan berbagai variasi
  6. Mengedit dokumen / pengeditan dokumen
  7. Dan memformat dokumen

E. Fitur Umum Microsoft Word

Fitur umumnya diantaranya ada :

  1. WYSIWYG. Ini adalah slogan microsof word sejak pertama kali rilis pada tahun 1981. Kepanjangan dari slogan ini adalah What You See Is What You Get. Ini untuk meyakinkan pengguna bahwa yang di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen itu dicetak.
  1. Spell Check. Microsof Word punya fitur yang bisa mengecek eja pengetikan dokumen yang cukup membantu dalam menghindari kesalahan dalam penulisan dan meminimalisir kesalahan / kesalahan penulisan.
  1. Fitur tingkat teks, yaitu jenis format huruf, ukuran, jenis huruf dan masih banyak lagi.
  1. Fitur tingkat halaman, yaitu paragraf, indent, penomoran dan masih banyak lagi.
  1. Dukungan dari aplikasi lain. Banyak juga aplikasi lain yang membantu kinerja microsoft office word / microsoft office, contohnya Grammarly dan PDF Reader.

F. Apa yang dimaksud dengan Microsoft Word

Word atau MS Word atau Microsoft Office Word atau Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi pengolah kata ( word processor / perangkat lunak pengolah kata ). Perusahaan Microsoft mengeluarkan program microsoft word ini pada 25 Oktober 1983 dan dengan nama barunya, yaitu Microsoft Word.

Word merupakan salah satu aplikasi andalan microsoft. Selain itu, produk microsoft office lainnya juga andalan microsoft, salah satunya ms excel.

Dan, tentu saja Microsof Word memiliki kelebihan dan kekurangan. Disini Saya hanya akan memberi tahu 3 kelebihan dan kekurangan microsoft word.

  1. Kelebihan : Word sudah dilengkapi tool dasar untuk dekstop publishing. Kekurangan : Cukup berat, terutama di mesin yang daya tampungnya kurang besar.
  1. Kelebihan : Fasilitasnya lebih lengkap dari versi sebelumnya ( kalau versi terbarunya versi 2019 ). Kekurangan : Harganya kurang murah ( ini maksudnya untuk word original yang belum bawaan laptopnya ).
  1. Kelebihan : Bisa menyisipkan gambar ke dokumen dengan lebih mudah, bahkan di word 2013 keatas bisa upload gambar secara online tapi masih di dalam programnya. Kekurangan : Perubahan tampilan yang drastis, jadinya para pengguna mesti belajar lagi ( terutama word 2013 keatas ).

Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan muka dari word 2010.

Tampilan muka microsoft word

Microsoft Office Word memiliki tampilan antar muka yang mudah dipahami untuk para pemula.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai pengertian microsoft word. Untuk pembahasan mengenai cara menutup microsoft word, silahkan klik DISINI.

Sekian dulu, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *