Nyi Ageng Serang, Si Pejuang Perempuan Cerdik

Assalamualaikum, sekarang aku mau bercerita tentang salah satu tokoh perempuan yang lahir di kota Serang. Dia juga seorang pejuang Indonesia yang keren, hebat dan cerdik.

Siapakah nama perempuan itu? Nama perempuan itu adalah… Nyi Ageng Serang.  Dia lahir di kota Serang pada tahun 1752. Nama aslinya adalah Raden Ajeng Kustiah Retno Edi.

Sekarang, bagaimanakah kisah kehidupannya? Yuk kita lihat saja

Kustiah dilahirkan di lingkungan bangsawan yang patriotis. Ayahnya bernama Pangeran Notoprojo, ayahnya juga termasuk bupati Serang. Ketika Pangeran Mangkubumi melawan Belanda, Pangeran Notoprojo menjadi panglima perangnya.

Pangeran Mangkubumi menjadi sultan di Yogyakarta dan disebut sebagai Sultan Hamengkubuwono satu.

Memasuki abad ke-19, Belanda makin menggangu semua penduduk Jawa. Jadinya pecahlah perang Diponegoro, Nyi Ageng Serang yang usianya sudah 73 tahun bergabung dengan pasukan Diponegoro bersama cucunya yang namanya Raden Mas Papak.

 Tahu tidak, Nyi Ageng Serang juga ditunjuk Diponegoro untuk menjaga sekitar desa Beku-Kulon Progo. Nyi Ageng Serang memiliki cara sendiri untuk menghalau serangan Belanda dari desa Beku.

Bagaimana caranya? Ternyata Nyi Ageng Serang menggunakan cara daun keladi. Loh bagaimana strateginya? Nyi Ageng Serang menyuruh pasukan yang dipimpinnya berkerudung daun keladi, jadinya dari jauh nampak seperti kebun keladi.

Jadinya banyak pasukan Belanda yang mencoba merebut desa Beku, pada mati semua. Ketika Belanda mendekat ke arah kebun keladi itu, langsung diserang deh sama pasukan Nyi Ageng Serang.

Diponegoro mengakui kehebatan Nyi Ageng Serang, jadinya wanita itu diangkat menjadi penasihat Diponegoro. Kedudukan Nyi Ageng Serang pun akhirnya setara dengan Pangeran Mangkubumi dan Pangeran Joyokusumo (pengikut Diponegoro yang lain).

Ketika usia Nyi Ageng Serang sudah 76 tahun, Nyi Ageng Serang wafat karena sakit. Pada waktu dia wafat, dia minta dikuburkan di tempat perjuangannya, yaitu desa Beku.

Teman-teman, baca juga artikel aku yang berjudul Cerita tentang Pasukan Mongol dikalahkan di Indonesia dan Cut Nyak Meutia, Sang Pejuang Perempuan Aceh

Nah, itu dia cerita tentang pahlawan Indonesia Si Pejuang Perempuan Cerdik yang bernama Nyi Ageng Serang. Udah dulu ya ceritanya, wasalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.

Referensi : Buku Sejarah lengkap pahlawan Indonesia dan https://en.wikipedia.org/wiki/Nyi_Ageng_Serang

Penulis buku : Yudhistira Ikranegara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *