Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli adalah putra Nabi Ayyub.

Nama aslinya sebenarnya adalah Basyar Bin Ayyub. Arti dari nama Zulkifli adalah”orang yang sanggup”.

Lalu kalau nama aslinya Basyar, dari mana dia mendapatkan nama Zulkifli?

Waktu itu di kampungnya dipimpin oleh seorang raja yang sudah tua, sang raja merasa dia tidak bisa memegang lagi kerajaan. Sang raja juga tidak memiliki seorang anak sebagai penggantinya.

Maka sang raja mengumpulkan rakyatnya siapa yang akan dipilih menjadi raja, tapi dengan  satu syarat. Syaratnya adalah berpuasa di siang hari, sholat di malam hari dan juga bersabar.

Belum ada yang menjawab, yang kedua kalinya barulah ada yang menjawab. Ya, dia adalah Basyar Bin Ayyub. Akhirnya raja memberikan kekuasaan kepadanya dan diberi gelar Zulkifli.

Nabi Zulkifli pun membagi waktunya, siang hari untuk mengurus kerajaan dan melayani rakyat dan malam harinya untuk tidur.

Suatu hari akan terjadi peperangan, Nabi Zulkifli pun memerintahkan rakyatnya berperang. Tapi rakyatnya berkata”Kami masih tidak ingin berperang wahai raja! kecuali engkau meminta agar Allah menjamin hidup kami”

Nabi Zulkifli pun berdoa “Ya Allah, aku telah menyampaikan ajaranmu kepada mereka, menyuruh mereka berperang, namun mereka tidak mau. Mereka mengajukan permintaan sebagai syarat” Allah pun mengabulkan doanya.

Keteladanan Nabi Zulkifli

  1. Sabar
  2. Disiplin
  3. Pandai membagi waktu
  4. dan Amanah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *