Mung Bean yang Bermanfaat & Berkhasiat

Mung Bean yang Bermanfaat

Mung Bean? Mung Bean yang bermanfaat? Apa kamu sudah tahu, nama itu? Kalau belum, ikuti terus artikel ini, agar tahu misteri dibalik nama ‘Mung Bean’.

Jangan lupa lihat daftar isi dibawah ini! Semoga bermanfaat!

Mung Bean

Mung bean adalah nama lain dari kacang hijau. Sedangkan nama latinnya ialah Vigna radiata. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman palawija yang terkenal di daerah tropis.

Jadi, maksudnya adalah kacang hijau, jadi jangan khawatir pembahasan akan membelok atau aku menyebut nama lain. Selamat melanjutkan membaca.

Tahukah kamu? Kalau mung bean yang bermanfaat ini mempunyai posisi nomor tiga sebagai makanan terpenting dalam tanaman pangan legume – salah satu spesies dalam kacang-kacangan. Sementara itu, nomor dua diduduki oleh kedelai dan nomor satu adalah kacang tanah.

Dari seluruh pohonnya – yang tidak terlalu tinggi – tentu saja yang paling berharga adalah biji kacang ijo-nya. Dan, dari kacang hijaulah, kecambah muncul – melalui praktek sendiri.

Pengalaman Menanam Kecambah & Mung Bean

Aku pernah menanam kacang hijau dan kecambah. Kalau kecambah ditaruh di dalam air, maka dalam waktu semalam sudah bisa tumbuh dan airnya akan kering.

Kalau kacang hijau, aku pernah menanamnya karena mudah. Saat itu sedang musim hujan, aku melihat tanamanku yang satu ini, saat itu hujan deras, ternyata tanamanku itu jatuh dan rusak.

Aku akhirnya tahu kalau kacang hijau itu tidak kuat disiram banyak air. Aku juga pernah memakan bubur kacang hijau ditambah pisang. Itulah pengalamanku dengan kacang hijau sekaligus kecambah.

Dibawah ini adalah foto hasil tanaman Mung Bean yang kutanam

Mung Bean yang Bermanfaat

Cara Menanam

Cara menanam kacang hijau itu mudah, tinggal masukkan kacang hijaunya ke dalam tanah, disiramnya tidak terlalu banyak air, nanti kacang hijaunya rusak, karena tanaman ini tidak kuat diberi air terlalu banyak.

Tapi cara ini sebenarnya tidak terlalu benar juga, karena tanah untuk menanam kacang hijau harus baik dan subur. Jadi kualitas si kacang hijau lebih bagus dan enak.

Kalau cara menanam yang benar, harusnya itu, beri lubang dengan lubang yang satunya dengan jarak tertentu, lalu masukkan 3 atau 4 kacang hijau, dipupuk lalu ditutup lagi tanahnya dengan rapat, agar tidak dimasuki hama. Nah, harusnya begitu cara menanam tanaman ini dengan benar.

Sebenarnya cara menanam kacang hijau dengan benar itu biar bagus, harus diusir hama atau penyakit dari kacang hijaunya. Tapi aku hanya memasukkan kacang hijau ke dalam tanah, lalu biarkan tumbuh.

Tanaman ini jika kulit yang melindungi kacang hijaunya masih hijau, berarti belum bisa dipanen, karena belum matang, kalau sudah hitam, berarti udah bisa diambilin.

Aku pernah menanam tanaman ini, itupun tidak sengaja, saat itu ada beberapa kacang hijau yang terbuang, lalu sekitar 4 atau 6 hari, ternyata tumbuhlah tanaman itu. Jadi aku pun menanam tanaman ini lagi.

Gizi

Kacang hijau itu banyak loh mengandung gizi, ada kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat dan masih banyak lagi.

Karena kacang hijau itu sejenis kacang-kacangan, jadinya dalam komposisi bahan makanan, kacang hijau dimasukkan ke tingkat yang kelima, artinya tidak boleh terlalu banyak dimakan. Biar tidak penasaran, baca aja DISINI.

Manfaatnya

Kacang hijau pastinya memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat-manfaatnya adalah :

1. Meningkatkan kepadatan tulang

2. Melancarkan pencernaan

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

4. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

5. Mengatasi sembelit

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Itulah salah satu manfaat dari kacang hijau, masih ada banyak lagi loh manfaat dari tanaman ini. Tapi enam saja yang kusebut.

Jenis-jenis Makanan yang Bisa Pakai Mung Bean

Banyak sekali makanan yang bisa menggunakan kacang hijau, ada bubur kacang hijau, bakpia isi kacang hijau, onde-onde isi kacang hijau, bakpao isi kacang hijau dan masih banyak lagi makanan yang menggunakan kacang hijau.

Selain itu, di pasaran ada tepung yang terbuat dari Mung Bean ini, dan biasa disebut tepung hunkue. Biasa dipakai untuk membuat kue-kue dan lebih sering dipakai untuk membuat gel – menurut beberapa sumber, itu adalah pengering makanan.

Silahkan baca juga Cerita Manfaat Kacang Hijau dan Si Tanaman Dari keluarga Bawang

Sekian dulu pembahasan dari Mung Bean yang bermanfaat & berkhasiat. Sampai ketemu lagi! Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *