Muawiyah Bin Abu Sufyan, sahabat nabi yang keren

Assalamualaikum, hari ini aku mau cerita tentang sahabat Nabi Muhammad saw. yang cukup keren, siapakah dia? Dan dia adalah Muawiyah Bin Abu Sufyan.

Hmm.. siapa dia? Dia adalah anak dari Abu Sufyan loh, jadi Muawiyah ini adalah saudara sepupu Rasulullah saw. Ayahnya yang bernama Abu Sufyan Bin Harits adalah pamannya Rasulullah. Jadi Muawiyah masih termasuk keluarga besarnya Rasulullah.

Lalu bagaimana kehidupannya? Ini dia kisah kehidupan Muawiyah Bin Abu Sufyan. Muawiyah lahir empat tahun sebelum nabi Muhammad saw diangkat menjadi rasul, jadi usia Muawiyah lebih muda dari Nabi Muhammad saw.

Muawiyah malah lebih dulu masuk islam loh daripada ayah, ibu dan saudara-saudara Muawiyah yang lain. Ketika terjadi peperangan, tidak jarang Muawiyah sering bertemu dengan ayah dan saudara-saudara yang belum masuk islam. Ayah, ibu dan saudara-saudara Muawiyah yang masih hidup masuk islam saat Fathu Mekah (penaklukkan Mekah).

 Saat jaman kekhalifahan Umar Bin Khaththab Muawiyah ikut dalam pembebasan Palestina, Suriah dan Mesir dibawah pimpinan Abu Ubaidah Bin Jarrah. Mereka membebaskan 3 negeri itu dari kekuasaan Romawi.

Disaat pemerintahan Utsman Bin Affan, Muawiyah diangkat oleh Utsman menjadi gubernurnya Syam dan Palestina. Saat pemerintahan Ali Bin Abu Thalib, Muawiyah diturunkan jabatannya dan digantikan oleh sahabat nabi yang lain.

Nah teman-teman, pada jaman inilah terjadi perang Shiffin dan perang Jamal. Perang Jamal dipimpin oleh Aisyah Binti Abu Bakar, sementara perang Shiffin dipimpin oleh Muawiyah Bin Abu Sufyan.

Perang Jamal dan perang Shiffin berakhir dengan perdamaian. Ketika Ali terbunuh, anaknya yang bernama Hasan menggantikan ayahnya, tetapi Hasan memerintah selama 3 bulan saja. Lalu kepada siapa sih kekhalifahan dipegang? Jawabannya adalah Muawiyah Bin Abu Sufyan.

Teman-teman tahukah kalian bagaimana kondisi saat Muawiyah jadi pemimpin? Ketika Muawiyah jadi khalifah, keadaan menjadi tenang lagi. Bahkan disebut tahun ‘Amul Jamaah( Tahun persatuan), loh.

Suatu ketika, kerajaan Romawi ingin meluaskan kerajaannya. Tapi ketika sampai di daerah kekuasaan Muawiyah, Muawiyah juga mempersiapkan 1.700 kapal perang kecil untuk mengusir kekuatan Romawi. Apakah berhasil teman-teman? Ya, 1.700 kapal perang kecil ini berhasil mengusir tentara-tentara Romawi dari wilayah Muawiyah.

Muawiyah mengirim 10.000 tentara untuk mengalahkan pasukan Barbar dan penduduk asli Afrika yang melawan. Pada jaman Muawiyah inilah berdiri Daulah Umawiyah yang mengharumkan nama islam selama ratusan tahun. Lama juga ya teman teman!

Muawiyah menjadi gubernur di Palestina selama 10 tahun, juga menjadi gubernur Syam 10 tahun dan menjadi khalifah daulah Umawiyah 20 tahun, Muawiyah Bin Abu Sufyan wafat di usia 78.

Nah teman-teman, itu dia kisah hidup Muawiyah Bin Abu Sufyan, sahabat nabi yang keren. Wasalamualaikum warah matullahi wabarakatuh!

Sumber:101 sahabat nabi

Penulis:Hepi Andi Bastoni  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *