Cerita tentang Manfaat Pohon Damar

manfaat pohon damar

Assalamualaikum, kali ini aku mau ngasih tahu tentang pohon damar. Oiya, di Indonesia banyak loh sebutannya, misalnya di Sulawesi disebut Dammar Malolo. Tahu nggak selain sebutan damar, di Indonesia pohon ini juga disebut Damar Raja.

Apa sih pohon damar? Pohon damar itu adalah pohon yang langka (jarang ditemukan) di Indonesia. Tahu nggak tinggi pohon ini? Pohon ini tingginya adalah 65 m dan lebarnya 1.5 m.

Tahu nggak kalau pohon damar itu punya manfaaatnya loh, apa aja ya? Yuk kita lihat 9 manfaat pohon damar!

  1. Menjadi bahan kertas

Ya! pohon damar itu bisa jadi bahan kertas loh.

  • Menjadi bahan bangunan rumah

Wah, pohon damar bisa jadi bahan? Ya, yang dijadikan bahan itu adalah kayunya. Mungkin ini salah satu alasan pohon damar menjadi langka.

  • Tanaman penghijau

Hmm… segar sekali. Wah, ternyata ada pohon damar! Betul sekali, pohon ini bisa jadi tanaman penghijau loh..

  • Sebagai lem

Yup, pohon damar ini bisa jadi bahan pembuatan lem loh.

  • Mencegah banjir

Ya, pohon damar ini bisa mencegah banjir loh. Karena pohonnya yang tinggi dan kuat, tetapi banyak yang ditebang pohonnya, jadinya bisa banjir deh.

  • Mengobati sakit gigi

Betul! Pohon damar ini bisa menyembuhkan penyakit gigi kita loh.

  • Mengobati sakit mata

Aduh.. mataku kok agak sakit ya? Ini dia ada obat terbuat dari pohon damar. Apa bisa? Ya, pohon damar ini bisa mengobati sakit mata kita loh!

  •  Bahan pewarna

Nah, ada lagi nih alasan pohon damar jadi langka, yaitu dijadikan pewarna. Ya, pohon damar itu bisa jadi bahan pewarna loh.

  • Bahan cat

Satu lagi nih alasan pohon damar menjadi langka. Apakah itu? Yup, pohon damar ini bisa dijadikan sebagai bahan cat.

Nah, itulah 9 manfaat pohon damar. Meskipun kita ingin menggunakannya dan harus ditebang, tanam lagi ya supaya pohon damar tidak punah di alamnya.

Silahkan baca juga artikel aku yang berjudul Cerita Pandan Wangi yang banyak manfaat dan Cerita dari Bunga Matahari yang Bermanfaat.

Okay! Sudah dulu ya, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dadah!!

Referensi : Google

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *