Lambang Pancasila

Assalamu’alaikum! Sekarang, aku mau cerita tentang lambang pancasila. Nah, burung garuda adalah lambang dari negara Indonesia.

Tapi, di dalam burung garuda, ada 5 lambang yang memiliki arti pancasila. Apa saja artinya? Yuk, kita bahas…

Eh, tunggu dulu! Sebelum menjelaskan arti dari 5 lambang pancasila yang ada dalam burung garuda, aku mau menjelaskan sesuatu dulu. Kalau diperhatikan, kepala burung garuda itu menghadap ke arah kanan, kenapa ke arah kanan?

Karena, setahuku, kanan itu lebih baik dari kiri. Jadi, dalam simbol burung garuda, kepalanya menghadap ke arah kanan. Itu setahu aku, ya teman-teman.

  1. Bintang

Simbol gambar bintang yang bersudut lima berwarna kuning dengan latar belakang hitam terletak di bagian tengah perisai itu dijadikan sebagai dasar ketuhanan yang maha esa.

Maksudnya adalah, bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Foto lambang pancasila ke-1

Sumber : Dokumen Pribadi
  • Rantai

Gambar rantai dengan latar belakang berwarna merah, itu artinya adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Simbol bergambar rantai ini adalah simbol kedua setelah bintang.

Kalau diperhatikan, ada mata rantai bulat berjumlah 9 yang melambangkan perempuan. Lalu, ada 8 mata rantai yang berbentuk kotak, ini melambangkan laki-laki. Jadi, semuanya ada 17 mata rantai.

Oiya, maksud dari 9 mata rantai berbentuk bulat yang melambangkan perempuan & 8 mata rantai berbentuk kotak yang melambangkan laki-laki adalah, perempuan dan laki-laki harus bersatu demi membangun negara Indonesia.

Foto lambang pancasila ke-2

Sumber : Dokumen Pribadi
  • Pohon Beringin

Simbol gambar pohon beringin terletak di bagian atas sebelah kiri dari gambar bintang yang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia.

Simbol gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga Pancasila. Pohon beringin melambangkan sebagai sifat melindungi atau menaungi.

Sila ke-3 artinya adalah Persatuan Indonesia.

Foto lambang pancasila ke-3

Sumber : Dokumen Pribadi
  • Kepala Banteng

Banteng memiliki sifat suka berkumpul dan berkelompok, sehingga disebut sebagai hewan sosial. Nah, kelakuan ini mirip seperti rakyat Indonesia yang suka berkumpul dan bermusyawarah.

Hingga akhirnya, simbol dari sila ke-4 ini, cocok jika gambar kepala banteng. Sila keempat artinya Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan.

Foto lambang pancasila ke-4

Sumber : Dokumen Pribadi
  • Padi dan Kapas

Kenapa sih, padi dan kapas? Ini dilambangkan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Yaitu sandang ( pakaian ) serta pangan ( makanan ).

Jumlah kapas yang ada pada gambar berjumlah 5, sedangkan padi, berjumlah 16. Arti dari sila ke-5 adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Foto lambang pancasila ke-5

Sumber : Dokumen Pribadi

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan tentang lambang pancasila beserta maknanya. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *