Ini dia Khalifah-Khalifah Kerajaan Abbasiyah

Khalifah Kerajaan Abbasiyah

Assalamualaikum! Ketemu lagi ya. Pada kali ini aku akan membahas Khalifah Kerajaan Abbasiyah. Wah, panjang dong? Ya tidak semuanya! Kita hanya bahas lima saja.

Oiya, Kerajaan Abbasiyah sendiri merupakan salah satu kerajaan besar di masa kejayaan Islam. Dan bisa dibilang ‘saingan’ dengan Kerajaan Bani Umayyah.

 

Jadi, siapa aja lima orang itu? Biar ga penasaran, langsung aja yuk! Selamat membaca!

1. Abul Abbas As-Saffah

Ini dia khalifah pertamanya. Ia merupakan keturunan Abbas bin Abdul Muthalib. Ketika orang-orang Bani Hasyim berusaha menjatuhkan kekuasaan Bani Umayyah, As-Saffah mendapat banyak dukungan agar menjadi khalifah.

Kekuasaan Bani Umayyah berhasil dijatuhkan dan berdirilah kesultanan baru. Abbasiyah. Kesultanan ini berlangsung sangat lama, 750-1258 masehi.

Meski begitu, Abul Abbas As-Saffah hanya berkuasa selama empat tahun saja.

2. Abu Ja’far Al-Mansur

Khalifah kedua Kerajaan Abbasiyah. Ia adalah adik dari khalifah pertama. Abu Ja’far mendirikan ibu kota baru lengkap dengan istananya. Kota ini kemudian dikenal dengan nama Baghdad.

Di masa pemerintahannya, sastra dan ilmu pengetahuan cukup berkembang. Ia berkuasa sekitar 20 tahun. Dan wafat dalam perjalanan berhaji.

3. Muhammad bin Mansur

Merupakan khalifah ketiga. Dan biasa dikenal dengan nama Al-Mahdi. Ia mendapat gelar itu karena mempunyai arti “pemimpin yang baik”.

Di masanya, kertas sudah mulai digunakan umum. Dengan munculnya benda tersebut, penulisan di lembaran kulit binatang mulai berkurang.

Ia berkuasa selama 11 tahun. Dan kekhalifahan diteruskan ke anaknya.

4. Al-Hadi

Masa kekuasaannya berlangsung sebentar saja. Hanya satu tahun tiga bulan. Di masanya, pemberontakan mulai bermunculan.

Bahkan, muncul gerakan dari seseorang yang masih keturunan Ali bin Abu Thalib. Dengan cepat, gerakan ini dapat dukungan banyak.

Khalifah Al-Hadi tidak mau mengambil resiko. Ia memerintahkan untuk menghabisi gerakan yang mengancam keamanan.

Pemberontakan-pemberontakan itu akhirnya berhasil diurus. Ia wafat di tahun 170 hijriyah.

5. Harun Al-Rasyid

Seperti yang kita ketahui, dimasanya, bisa dibilang merupakan salah satu masa keemasan kerajaan Abbasiyah. Ia adalah anak dari khalifah ketiga Abbasiyah.

Harun Al-Rasyid juga seorang yang cerdas, berwawasan luas dan suka bersedekah. Ia pun wafat dalam usia 46 tahun.

Pada akhirnya kita mencapai tepi artikel. Singkatnya, ada sekitar 37 khalifah yang berkuasa. Yang terakhirnya bernama Al-Mu’tashim.

Sekian dulu artikel kali ini. Sampai ketemu di artikel baru lainnya! Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *