KH Zaenal Mustafa, Pemimpin Pertempuran Singaparna

Siapa itu KH Zaenal Mustafa dan apa itu Pertempuran Singaparna? Supaya lebih lengkap, yuk simak berikut ini.

KH. Zaenal Mustafa mempunyai nama lainHudaemi. Ia dilahirkan di sebuah desa bernama Singaparna tahun 1899. Singaparna berada di Jawa barat dan desanya masuk ke kota Tasikmalaya.

Kalau kisah perjalanan hidupnya bagaimana ya? Yuk, kita lihat saja.

Sejak kecil, KH Zaenal Mustafa sudah belajar agama dari ulama-ulama Jawa Barat lain. Dia juga sudah dimasukkan ke pesantren sebelum usia akil baligh, hebat ya.

Dari kecil, KH. Zaenal Mustafa juga belajar ilmu kanuragan (ilmu bela diri Indonesia). KH. Zaenal Mustafa jadinya menguasai dua ilmu yang lebih dalam tentangnya, yakni ilmu agama dan ilmu kanuragan.

Ketika sudah cukup dewasa, KH Zaenal Mustafa makin tidak suka dengan Jepang. Dia pun membentuk pasukan yang dinamakan pasukan tempur Sukamanah. Dia langsung melatih sendiri pasukannya tanpa dibantu orang lain.

KH. Zaenal Mustafa juga bisa membuat strategi yang hebat. Dia berhasil menghabisi tentara Jepang yang sedang patroli di Tasikmalaya. Jumlah tentara yang patroli tidak terlalu banyak, jadinya mudah dikalahkan.

Pasukan Jepang penasaran dengan strategi KH. Zaenal Mustofa, Jepang pun mengumpulkan pasukan yang cukup besar. Setelah sampai di Singaparna, terjadi perang sengit dan pasukan KH. Zaenal Mustafa menang.

Nah, beberapa hari setelah perang selesai, KH. Zaenal Mustafa memberikan ultimatum Singaparna padaJepang agar menyerahkan seluruh wilayah Jawa. Tapi, Jepang malah mengirim pasukan besar-besaran untuk menghancurkan markas KH. Zaenal Mustafa. Dalam pertempuran sengit, KH. Zaenal Mustafa tertangkap lalu dijatuhi hukuman mati oleh pemimpin Jepang.

Nah, pertempuran di daerah Singaparna pun dikenal dengan pertempuran Singaparna. Jadi, inti terjadi pertempuran tersebut karena pemerintah Jepang sudah belaku sewenang- wenang. Kyai ini wafat di Jakarta 28 Oktober 1944 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Tasikmalaya.

Baca juga Salamah Bin Al-Akwa dan Pangeran Antasari

Nah, itulah dia kisah Si Ulama dan Pejuang Tangguh Indonesia, KH. Zaenal Mustafa. Wasalamualaikum warah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *