Cerita Sejarah Kesultanan Samudera Pasai

https://www.jagoanpengetahuan.com/2019/07/kerajaan-samudera-pasai.html

Assalamu’alaikum, sekarang aku mau bercerita tentang sebuah kerajaan. Kerajaan ini adalah Kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia.

Nah, nama kerajaan atau kesultanan itu adalah Kesultanan Samudera Pasai. Kesultanan ini terletak di pesisir pantai utara Sumatra. Oiya, cerita Kesultanan Samudera Pasai ini kudapat dari google.

Sekarang kita mulai ya cerita Kesultanan Samudera Pasainya. Pendiri kesultanan ini adalah Sultan Malik as-Saleh pada tahun 1267.

Oiya, tahu tidak, Kesultanan Samudera Pasai pernah dikunjungi oleh seorang pengembara islam dari Maroko, bernama Ibnu Battutah. Saat itu sultannya bernama Sultan Al-Malik azh-zhahir ii. Dia adalah sultan Samudera Pasai yang keempat.

Kesultanan ini mengalami masa kejayaan pada saat pemerintahan Ratu Nahrasyiyah.

Pada masa Sultan Al-Malik Azh-Zhahir i atau Muhammad i, koin mata uang kesultanan dan mata uang emas atau dirham dipakai.

Nah, Kesultanan Samudera Pasai ini kebanyakan agamanya Islam, tapi ada juga Hindu dan Buddha. Bahasa yang digunakan kesultanan ini adalah Melayu.

Nah, Sultan Malik as-Saleh itu sebenarnya menggantikan Sultan Malik An-Naseer, loh.

Oiya, pada masa Sultan Zainal Abidin i, Kesultanan Samudera Pasai sempat diserang oleh kerajaan Majapahit. Ibu kota kesultanan ini adalah Pasai.

Nah, Pasai ini sebenarnya adalah kota dagang dan mengandalkan lada sebagai komoditi andalannya. Kesultanan Pasai menggunakan uang emas ( dirham ) sebagai alat untuk beli-membelinya.

Sementara itu, masyarakat Pasai kebanyakan menanam padi dan mempunyai sapi perah untuk membuat keju.

Penerus Kesultanan Samudera Pasai adalah kesultanan Aceh dan Imperium Portugis.

Ketika kesultanan ini mau runtuh, terjadi beberapa pertikaian yang menyebabkan perang saudara muncul. Sultan Pasai meminta bantuan pada Sultan Malaka ( salah satu wilayah di Malaysia), tujuannya untuk memadamkan perang saudara itu.

Tapi, Kesultanan Samudera Pasai sendiri akhirnya runtuh, kesultanan ini runtuh karena ditaklukkan oleh Imperium Portugis pada tahun 1521. Dan sebelum menaklukkan Pasai, Portugis menaklukkan Kerajaan Malaka pada tahun 1511.

Pada akhirnya tahun 1524, wilayah Kesultanan Pasai menjadi bagian dari kedaulatan Kerajaan Aceh.

Teman-teman, kunjungi juga artikel aku yang berjudul Ibnu Battutah dan Cerita Kesultanan Banjar

Nah, sudah dulu ya cerita tentang Kesultanan Samudera Pasainya, udah lumayan banyak, wasalamu’alaikum warah matullahi wabarakatuh.  

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Samudera_Pasai#:~:text=Kesultanan%20Pasai%2C%20juga%20dikenal%20dengan,Utara%2C%20Provinsi%20Aceh%2C%20Indonesia.&text=Kesultanan%20Pasai%20akhirnya%20runtuh%20setelah%20serangan%20Portugal%20pada%20tahun%201521.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *