Cerita tentang Iguana, Si Kadal Kecil

Iguana si kadal kecil

Iguanedae, sudah pernah mendengar? Belum? Bagaimana kalau nama Iguana, sudah pernah mendengar bukan? Nah, Iguanedae itu adalah nama latin dari hewan ini. Iguana Si Kadal Kecil merupakan kerabat kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Selatan, Amerika Tengah dan kepulauan Karibia.

Hewan ini dikenalkan pertama kali oleh seorang ahli hewan berkebangsaan Austria bernama Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Sebagian besar, iguana si kadal kecil ini hanya punya dua spesies, yaitu iguana hijau – nama latinnya Iguana iguana – dan Iguana Antilles Kecil – nama latinnya Iguana delicatissima.

Tempat tinggal Iguana adalah pepohonan, dan lebih sering mencari makan diatas pohon. Oiya, iguana itu bisa dipelihara, lho. Semua orang bisa memegang si Iguana ini, baik dari anak-anak sampai orang dewasa.

Di beberapa tempat di Indonesia, iguana sudah banyak yang suka, lho. Nah, karena sering diatas pohon, iguana jadinya juga suka nempel di atas kepala manusia.

Ada caranya lho untuk memegang iguana agar si iguana tetap nyaman. Caranya adalah pegang bagian depan tubuh iguana dan ekornya, nah kalau caranya begini, kita tidak dicakar oleh si iguana.

Tahu tidak cara berkomunikasi sesama iguana? Caranya adalah menggembungkan pipinya,  kalau bertemu lawan, iguana bisa langsung marah.

Oiya, iguana ada beberapa jenis, loh. Yaitu jenis iguana hijau, iguana Antilles kecil, iguana laut, iguana padang pasir dan iguana ekor hitam. 

Iguana juga memiliki ciri-cirinya, ciri-cirinya adalah :

1. Panjang tubuhnya sepanjang 1.5 meter sampai 1.8 meter – hitungan segitu termasuk ekornya

2. Punya jambul di bawah rahang mereka

3. Ada deretan sisik membentuk duri besar di tubuh bagian atasnya, yang berjejer dari leher sampai pangkal ekor

4. Dan juga punya organ tubuh mirip mata pada bagian atas kepalanya – Organ ini dipakai untuk menganalisa cahaya di sekitarnya

Hewan ini juga sudah terbiasa dengan baik sebagai kadal pohon dan kadal pemakan tumbuhan. Tapi, mereka juga memerlukan nutrisi hewani, biasanya mereka memakan serangga kecil yang ada di tumbuhan yang mereka makan.

Silahkan baca juga artikel yang berjudul Bunga Cantik dan Si Bulat Coklat.

Sekian dulu cerita tentang iguana si kadal kecilnya, sampai ketemu di artikel-artikel berikutnya. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.