Cerita tentang Ibnu Battutah-penjelajah hebat

Assalamualaikum, kali ini aku mau cerita tentang Ibnu Battutah.

siapa yang belum tahu Ibnu Battutah

Sumber : Google

 

Ibnu Battutah adalah seorang ilmuwan muslim yang suka menjelajah ke berbagai negara.

Tahukah kawan-kawan Ibnu Battutah pernah berkunjung ke Indonesia? Bagaimana kisahnya? Yuk, dengarkan!

Saat itu Ibnu Battutah sedang berkunjung ke Indonesia, tepatnya di Kesultanan Samudera Pasai. Kerajaan Samudera Pasai ada di pesisir pantai Sumatra Utara. Ibnu Battutah tinggal di Indonesia selama dua minggu.

Kalian pasti memikirkannya jalan-jalan keliling dunia enak, tapi Ibnu Battutah waktu itu jalan-jalan hanya dengan kapal tradisional dan seekor unta.

Coba bayangkan jalan-jalan di waktu itu, banyak sekali bahaya yang didapat Ibnu Battutah saat berkeliling dunia. Diantaranya pernah dirampok di suatu wilayah, kapal karam di laut lepas, kehabisan duit, bahkan yang paling berat dia juga hampir dapat hukuman.

Tapi Ibnu Battutah berhasil melewati semua ujian itu, hingga dia berhasil menjelajah sejauh 120.000 km atau 75.000 mil. Oiya, tahu tidak awal mula perjalanan Ibnu Battutah adalah Mekkah, setelah itu dia pun mulai keliling dunia.

Ibnu Battutah lahir di kota Tangier-Maroko Tahun 1304 Masehi dan wafat di kota Fez-Maroko Tahun 1369 Masehi. Teman-teman, agar pengetahuan kalian tentang Ibnu Battutah semakin banyak, bisa ke https://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_Batutah.

Sumber Buku: 36 kisah inspiratif ilmuwan muslim

Penulis: Afriza Hanifa

Penerbit: Cerdas interaktif

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *