Ini Dia 3 Galaksi Terbesar di Alam Semesta

Galaksi Terbesar di Semesta

Ketemu lagi di artikel ini! Tema kali ini adalah galaksi terbesar di semesta. Yah, maksudnya alam semesta. Bima Sakti yang menjadi tempat Bumi berada sendiri, mempunyai besar 52.850 tahun cahaya.

Oiya, nama lain dari galaksi tempat Bumi berada ini adalah Milky Way. Sekilas dulu, galaksi adalah sebuah sistem yang terdiri dari pusat galaksi dan benda-benda yang mengelilinginya.

Tidak perlu berlama-lama apalagi sampai 5 menit. Kita langsung saja ya. Selamat membaca!

A. Galaksi El Gordo

Kita mulai pembahasan galaksi terbesar di alam semesta dengan sebuah nama. Yaitu El Gordo. Pertama kali ditemukan oleh sekelompok ilmuwan di Pegunungan Atacama, Chili.

Oiya, El Gordo sendiri adalah bahasa Spanyol. Dan dalam bahasa Indonesia, punya arti “Si Gemuk”. Galaksi ini bisa dimasukkan kategori terbesar karena punya jarak sekitar dua juta miliar massa matahari. Ia sendiri masih bisa membesar melalui cara penggabungan, loh.

B. Galaksi IC 1101

Galaksi Terbesar di Semesta

Selanjutnya ada IC 1101. Besarnya 60 kali lipatnya Bimasakti. Sekitar 5,5 juta tahun cahaya dan lebarnya ribuan tahun cahaya. Galaksi IC 1011 ditemukan di Inggris, oleh Frederick William Herschel. Tahun 1790 bulan Juni tanggal 19.

Sama seperti sebelumnya. Salah satu caranya menjadi besar adalah melalui penggabungan antar galaksi lainnya. Bintang disana sekitar 100 triliun dan lebih besar dari matahari.

Saking besarnya, IC 1101 sudah tidak bisa bertahan lama. Salah satunya karena bintang-bintang raksasanya akan hancur. Disebabkan terlalu banyak membakar gas.

C. Galaksi Black Eye

Yang terakhir, ada Black Eye. Ditemukan seorang ilmuwan bernama Edward Pigott tahun 1779. Galaksi ini dikelilingi oleh warna hitam. Karena itulah mempunyai nama Black Eye.

Itulah 3 galaksi terbesar di alam semesta dari sekian banyaknya galaksi yang ukurannya juga lebih raksasa dari Bima Sakti. Yang lain misalnya ada Phoenix, Andromeda, Messier 87, NGC 1300 dan lain-lain

Jadi, galaksi mana yang mungkin baru kamu ketahui?

Simak artikel lain tentang Ibnu Firnas atau Bunga Matahari, semoga menikmatinya juga!

Oke, sekian dulu artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *