Fakta Menarik Di Bidang Teknologi, Semuanya Keren!

Logo Android

Ada banyak sekali fakta menarik di bidang teknologi. Disini bakalan dibahas juga sebuah logo browser yang Anda pasti sudah tahu, dibahas search engine pertama di dunia dan banyak lagi.

Di artikel ini hanya dipilih 20 saja dari sekian banyaknya fakta menarik di bidang teknologi. Terutama yang jarang dibahas. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!

1. Logo Mozilla Firefox

Banyak yang tidak sadar, di logonya ada gambar rubah loh. Firefox sendiri artinya adalah rubah api. Coba lihat gambar dibawah ini.

Fakta menarik di bidang teknologi

2. Search Engine Pertama Di Dunia

Search engine pada saat ini yang merajai adalah Google. Tapi, memang bukan Google yang pertamanya, masih ada lagi. Namanya adalah Archie Query Form dengan alamatnya archie.icm.edu.pl. Dibawah ini adalah gambar dari halaman utamanya.

Halaman Utama Archie Query Form

3. Situs Pertama Di Dunia

Situs di zaman ini sudah sangat banyaaaaak sekali, siapa saja sudah bisa membuatnya. Tapi, apa sih, situs pertama di dunia? Nah, situs pertama di dunia adalah info.cern.ch. Halaman situsnya masih terlihat sederhana, lihat gambar dibawah ini.

Halaman utama situs pertama di dunia

Selain menjadi situs pertama, situs ini juga menjadi web server pertama di dunia loh!

4. Mouse Pertama Di Dunia

Mouse juga sekarang banyak sekali dimana-mana, ada mouse kabel dan ada mouse bluetooth. Modelnya juga keren-keren semua, tapi, mouse pertama di dunia seperti apa, ya?

mouse pertama di dunia

Nah, itu dia penampakannya. Beda banget ya! Nama mouse tersebut adalah Bill English.

5. Komputer Pertama Di Dunia

Komputer zaman dulu sangat beda jauuuh sekali dengan komputer sekarang. Kalau mouse ya masih deket lah, masih kecil juga. Tapi, komputer zaman dulu besarnya hampir sama dengan lemari loh.

komputer pertama di dunia

Nama dari komputer tersebut adalah ENIAC – Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer inilah yang pertama kali punya memori elektronik.

6. Persamaan Perusahaan Google, HP, Microsoft dan Apple

Siapa yang nggak tahu keempat perusahaan tersebut? Keempat-empatnya sama-sama besar dan sama-sama merajai di bidangnya masing-masing. Tapi, selain itu, para pendirinya mulai mengembangkan semua perusahaan ini hanya dari garasi, loh.

7. Ponsel Pertama Di Dunia

Sekarang, ponsel banyak sekali merek. Mulai dari yang sangat terkenal seperti Apple sampai yang terkenal seperti Huawei. Semua modelnya pun bagus-bagus dan kecil-kecil.

Tapi, ponsel zaman dulu cukup besar loh. Beratnya bisa menyentuh angka 2 kg! Ponsel ini dibuat oleh Joh F. Mitchell dan Martin Cooper tahun 1973.

Fakta menarik di bidang teknologi

8. Tahu game Candy Crush?

Candy Crush

Game Candy Crush diluncurkan pada tahun 2012 tanggal 12 April untuk Facebook. Lalu, dirilis juga untuk versi telepon pintar / Hp. Fakta menariknya, game ini berhasil meraih penghasilan sebesar $633.00 per hari, loh!

9. Awal Nama Microsoft

Siapa yang nggak tahu perusahaan ini? Perusahaan ini sudah sangat terkenal di dunia. Produk-produk buatannya berkaitan dengan teknologi dan komputer.

Nama perusahaannya dibuat oleh Bill Gates untuk memperlihatkan perusahaan yang mengembangkan MICROcomputer dan SOFTware. Pada awalnya, penulisannya adalah “Micro-Soft”, tapi tanda (-) dihilangkan.

Dan logonya sekarang seperti gambar di bawah ini

Logo Microsoft

10. Youtube, Situs Kedua Yang Banyak Dikunjungi

Siapa yang tidak tahu Youtube? Situs ini dibeli Google pada tahun 2006 di bulan Oktober dalam bentuk saham. Youtube sendiri didirikan oleh Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Mereka bertiga pernah menjadi karyawan Paypal, lalu berhenti.

Nah, Youtube sekarang menjadi situs kedua yang banyak dikunjungi setelah Google. Lalu, setelah Youtube ada Facebook, Wikipedia, Amazon, Instagram, Yahoo! dan banyak lagi.

11. Alamat URL Pertama Search Engine Nomor 1 Dunia

Alamat URL Google zaman dulu dengan zaman sekarang beda! Jika sekarang www.google.com, maka dulu ketika masih pertama kali dikembangkan adalah google.stanford.edu.

12. Kedua Pendiri Google

Siapa yang tidak tahu pendiri Google? Pendirinya adalah Lary Page dan Sergey Brin. Mereka dulunya kurang akur, tapi karena punya kesamaan visi mereka jadi bekerjasama.

Hasilnya? Google Si Perusahaan Raksasa

13. Teknologi Tahan Air di Negeri Sakura

Sebagian besar teknologi di Jepang tahan air dan ini cukup populer disana. Itu disebabkan sebagian besar orang disana merasa lebih efektif dengan teknologi tahan air.

14. Shinkansen, Teknologi Kereta Kecepatan Tinggi

Siapa yang tak tahu Shinkansen? Saat ini Shinkansen masih menjadi pemimpin di bidang teknologi kereta kecepatan tinggi, terutama untuk komersial. Pertama kali digunakan di tahun 1964 tanggal 1 Oktober.

Teknologi Kereta Kecepatan Tinggi

15. Apa yang Terjadi Dalam 3 Bulan Pertama Bagi Google?

Sub judul yang cukup menarik bukan? Jadi, apa yang terjadi? Tentu beberapa sudah bisa menebaknya. Yups! Benar sekali, dalam 3 bulan, Google sudah masuk 100 website baru yang diperhitungkan dunia!

16. Google Pernah Mau Dijual

Ya, Google.com pernah mau dijual oleh kedua pendirinya yaitu Lary Page dan Sergey Brin seharga $1.000.000 (1 juta dolar) kepada Altavista. Wah, kalau beneran dijual, apa yang terjadi ya?

17. Pencipta Android

Fakta menarik di bidang teknologi

Fakta menarik di bidang teknologi

Android bukanlah ciptaan Google, perusahaan raksasa itu hanya membelinya seharga $50.000.000 (50 juta dolar). Lalu, siapa penciptanya? Android dibuat oleh Andy Rubin, Nick Searsh dan Chris White pada tahun 2003.

Android lalu dikembangkan oleh Android Inc. dengan dukungan Google. Perusahaan raksasa ini membelinya pada tahun 2005.

18. Asal-Usul Ide Logo Android

Nama Android diberikan oleh pendirinya, yaitu Andy Rubin. Sedangkan logonya dibuat oleh Irina Blok. Lalu, asal-usul ide logonya darimana ya? Asal-usul ide ini adalah penanda gambar laki-laki di pintu masuk toilet!

Mengapa begitu? Ya mungkin salah satunya supaya mudah diingat oleh setiap orang.

19. Jumlah Bahasa Di Android

Karena Android ingin mencakup seluruh dunia dan ingin semua orang bisa menggunakannya, disediakanlah banyak bahasa. Ada sekitar 46 bahasa di Android untuk mendorong tujuan tersebut.

20. Pendiri Instagram

Siapa yang tak tahu Instagram? Di tahun kemarin, IG masuk 10 besar dari situs-situs yang banyak dikunjungi. IG sekarang dimiliki oleh Facebook.

Namun, siapa pendiri Instagram? Pendirinya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger dan pertama kali diluncurkan di tahun 2010 tanggal 6 Oktober. Ketika dibeli Facebook, pengguna IG baru 30 juta loh!

Sebelum diluncurkan, namanya adalah Codename dan berubah menjadi Instagram saat diluncurkan. Kata Instagram berasal dari “INSTAn camera” dan “teleGRAM”.

Nah, jadi itulah 20 fakta menarik di bidang teknologi. Apa ada yang baru tahu? Baca juga artikel-artikel Karyahusein.com lainnya dibawah ini.

Apa Itu SSL? dan Cara Mengirim Email 

Sekian dulu, wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *