Fakta Menarik di Bidang Teknologi, Semuanya Keren! Vol 2

Fakta Menarik di Bidang Teknologi

Ini adalah volume dua dari artikel yang mempunyai tema sama di situs ini. Judul volume satunya adalah, Fakta Menarik di Bidang Teknologi. Kalau penasaran, klik saja linknya itu.

Bedanya, disini hanya tampak 16 saja. Sedangkan sebelumnya, sekitar 20. Beberapa yang dibahas pun ada sedikit mirip dengan sebelumnya.

Tidak perlu lama-lama pembukaan lagi. Simak terus sampai habis. Semoga artikelnya bermanfaat buat Anda!

1. Alarm Pertama di Dunia

Artikel fakta menarik di bidang teknologi dibuka dengan, Alarm. Alat ini berguna untuk membangunkan kamu yang mungkin kurang mudah bangun pagi. Tapi, tahukah kamu, pukul berapa alarm pertama di dunia berbunyi?

Ternyata masih cukup pagi. Yaitu jam empat. Alarm ini di desain hanya berbunyi jam empat. Jadi, bagaimanapun mengaturnya, tetap bunyi pukul tersebut.

2. Asal Mula Logo Apple

Jika di volume satu yang dibahas adalah logo Modzilla Firefox. Sekarang ada logo Apple. Siapa yang tidak tahu perusahaan ini? Kalau belum tahu, rasanya keterlaluan.

Seperti yang kita ketahui, logonya sekarang adalah sebuah apel yang ada bekas gigitan. Sedangkan yang lama, kelihatan rumit. Lihat saja kedua gambar di bawah ini.

Baru :

Fakta Menarik di Bidang Teknologi

Lama :

Logo Pertama Apple

Orang di dalam logo pertamanya itu mempunyai maksud Newton. Sedangkan apelnya, tepat di atas kepalanya itu.

3. Waktu yang Dibutuhkan Untuk Kamera Pertama

Kamera zaman sekarang tentu sudah bisa memotret dengan waktu yang singkat. Dimana photographer yang baru memulai saja sudah bisa melakukannya. Tapi, berbeda dengan zaman dimana benda ini baru muncul.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 8 jam! Wah, itu sih objek yang mau difotonya keburu pergi, deh. Itupun dilakukan oleh yang professional dalam bidang yang satu ini.

4. Perkembangan iPod

iPod termasuk dalam kategori tercepat di dunia. Tentunya dalam bidang alat teknologi. Bagaimana tidak, hanya 3 tahun, pihak pembuat sudah mendapat 50 juta pengguna. Tentu saja dari berbagai sisi dunia. Beda dengan TV atau radio.

Untuk mencapai angka itu, televisi membutuhkan waktu sekitar 13 tahun. Sedangkan radio, sekitar 38 tahun. Waktu yang cukup lama, bukan?

5. Kekurangan Dari Melihat Laptop / Komputer Terlalu Lama

Mungkin sudah banyak yang tahu kekurangan-kekurangan dari melihat layar terlalu lama. Nah, kali ini ada sesuatu yang menarik lainnya, loh.

Menurut sebuah fakta, dalam satu menit manusia biasanya berkedip sekitar 20 kali. Namun, di depan layar, jumlahnya akan berkurang. Yaitu sekitar tujuh kali saja. Makanya melihat layar terlalu lama itu kurang bagus bagi kesehatan.

6. Ponsel Termahal

Salah satu ponsel termahal di dunia dibuat oleh perusahaan Apple. Yups, iPhone. Lebih tepatnya iPhone 5 Black Diamond. Harganya sendiri sekitar $15 juta! Namanya saja ada Diamond-nya, tentu bahan-bahannya juga fantastis.

Salah satunya adalah 135 gram emas 24 karat. Sedangkan casingnya, menggunakan 600 berlian putih! Karena itulah, waktu produksinya sekitar 9 minggu, loh.

7. Olahraga di Finlandia

Ada fakta menarik tentang olahraga di finlandia, nih. Di Indonesia, melempar ponsel bisa jadi dikira sedang marah. Tapi itu berbeda di negara yang satu ini.

Disana, lempar ponsel menjadi olahraga yang resmi, loh. Bahkan menjadi salah satu cabang kejuaraan nasional di Finlandia. Unik, ya.

8. Aplikasi Media Sosial Pertama di Dunia

Di masa kini, ada banyak sekali media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain. Tapi, pernahkah penasaran mengenai aplikasi media sosial pertama?

Kalau penasaran, nama media sosial itu adalah Six Degrees. Di media sosial ini, pengguna diizinkan untuk mengupload foto profil dan berteman dengan user lain. Aplikasinya ada di tahun 1997.

Lalu, tahun 1999 istilah blog mulai muncul dan ramai digunakan. Sosmed pun semakin berkembang dengan cepat. Di tahun 2000-an, situs seperti LinkedIn mulai terkenal. Tahun 2005, Youtube pun bergabung di antara situs-situs sosmed lainnya.

Setahun kemudian, muncul lagi Facebook dan Twitter. Setelah itu, aplikasi-aplikasi sosmed terkenal lainnya ikut bermunculan. Jadi itulah nama sosial media pertama, Six Degrees.

9. Jumlah Virus Komputer Dalam Sebulan

Virus computer ini tentu sangat mengganggu aktifitas. Tapi, tahukah kamu, dalam sebulan ada berapa virus? Jumlahnya sekitar 6000 lebih, loh!

10. Kapasitas Penyimpanan HardDisk Pertama

HardDisk merupakan salah satu komponen keras yang selalu ada pada laptop. Tapi, ada fakta menarik mengenai komponen ini, loh.

Yaitu, harddisk pertama hanya mempunyai kapasitas sekitar 5 MB saja! Tahun produksinya ada di angka 1979.

11. Aplikasi Chatting Pertama di Dunia

Jika di nomor 8 ada Six Degrees, si medsos pertama. Sekarang pembahasannya ada lagi yang lain. Yups, aplikasi chatting. Yah, untuk saat ini WhatsApp lah yang paling populer diantara lainnya.

Tapi, pernah penasaran gak sih. Aplikasi chatting apa yang pertama kali ada di dunia ini? Jadi, jawabannya adalah MXit. Yang keluar di tahun 2000-an. Disana, penggunanya diizinkan untuk chatting dimana pun. Baik dari ponsel ataupun PC, secara gratis.

12. Emoji Yang Paling Banyak Dipakai di WhatsApp

Emoji atau emoticon biasanya sering digunakan dalam komunikasi di dunia online. Salah satu fungsinya sendiri untuk meningkatkan kualitas komunikasi. Tapi, pernah penasaran tidak, emoji paling populer di WA?

Kalau penasaran, jawabannya adalah emoticon tertawa sampai mengeluarkan air mata. Lalu diikuti oleh emoji red heart dan yang lainnya.

Emoji Tertawa Sambil Menangis

13. Urutan Negara Pengguna Ponsel Terbanyak

Di Indonesia, pengguna ponsel juga bisa dibilang banyak. Namun, pernahkah penasaran, negara mana saja yang juga banyak menggunakan ponsel dalam tingkat dunia? Ya sudah deh, lanjut baca saja!

Yang pertama ditempati Cina, sekitar 1,2 miliar penduduknya menggunakan teknologi satu ini. Lalu diikuti India, Amerika, Brazil dan Russia.

14. Pemimpin Pertama yang Punya Channel Youtube

Oiya, kasih tahu dulu ya. Youtube pertama kali dikeluarkan di tahun 2005. Tanggal 14 Februari. Nah, dua tahun setelah itu, muncul pemimpin yang mempunyai channel disana, untuk pertama kalinya. Jadi, namanya adalah Tony Blair. Perdana menteri Inggris, itu terjadi tahun 2007.

15. Video Dengan Penonton Terbanyak di Youtube

Banyak sekali orang yang membuat video di situs ini. Penonton yang melihat video itu pun jumlahnya beragam. Nah, video berjudul “Charlie Bit My Finger” penontonnya bisa dibilang sangat banyak.

Emang, berapa sih yang melihatnya? Jumlahnya, sekitar 500 juta pengguna Youtube, loh!

16. Awal Mula Nama Canon

Siapa yang tidak tahu Canon? Perusahaan ini banyak membuat kamera digital, printer, scanner dan alat-alat teknologi lainnya. Asalnya sendiri dari Negeri Bunga Sakura, Jepang.

Oiya, Canon sendiri bisa dibilang nama kedua. Nama awalnya adalah Kwanon. Lalu, tahun 1935 perusahaan ini berganti nama seperti yang kita kenal sekarang.

Oke, lagi-lagi sudah sampai “pinggiran artikel”-nya. Bagaimana, apakah ada sesuatu yang mungkin baru diketahui?

Sekian dulu artikel mengenai fakta menarik di bidang teknologi vol 2 ini. Sampai ketemu di artikel-artikel baru selanjutnya. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *