15 Fakta Menarik Air yang Jarang Diketahui!

Fakta Menarik Air

Jika sebelumnya membahas fakta menarik di bidang teknologi, maka sekarang, pembahasannya adalah fakta menarik air.

Sama seperti teknologi, fakta tentang air sangat banyak sekali di dunia ini. Tapi, disini, yang dibahas bukan fakta-fakta biasa saja, seperti 70% dari tubuh manusia diisi oleh air. Bukan seperti itu! Tapi fakta-fakta menarik.

Penasaran? Baca daftar isi, simak sampai habis dan selamat membaca serta semoga bermanfaat!

1. Air Terbaik Kedua Setelah Zam-Zam

Aku saja baru mengetahuinya loh. Aku baca dari situs idntimes, air terbaik kedua ada di Indonesia! Tempat dari air terbaik itu ada di mata air Petirtaan Jolotundo, Kecamatan Trawas-Mojokerto, Jawa Timur.

Ini tidak hanya fakta main-main, beberapa penelitian mengatakan kandungan mineral di sana sangat tinggi.

2. Air Paling Bersih di Dunia

Air paling bersih di dunia di peringkat pertama dipegang oleh negara Selandia Baru. Ini karena pegunungan es yang ada di sana memberi manfaat pada ketersediaan air di negara Selandia Baru.

Setelah itu, barulah disusul Swiss, Jerman, Inggris, Norwegia, Perancis dan yang terakhir Kanada.

3. Jika Air Tersebar Secara Rata

Ya, bisa dibilang, jika air tersebar secara rata di atas muka Bumi ini, kiamat sudah pasti terjadi. Kedalamannya bisa menyentuh angka 3.700 meter!

4. Berapa Jumlah Liter Air di Muka Bumi?

Di sub judul sebelumnya, ditulis “Jika air tersebar secara rata, kedalamannya bisa menyentuh 3.700 meter”. Nah, tentu saja jumlah liter air di muka Bumi ini sangat banyak.

Itu pun kalau es di Antartika belum cair. Jadi berapa? Di planet ini, ada sekitar 1,5 miliar triliun liter loh! Kalau dibandingkan dengan kolam renang Olimpiade, maka dibutuhkan 800 kolam!

5. Air Tawar di Planet Bumi

Nah, uniknya, meskipun jumlah liter air di muka Bumi ini sangaaaat banyak, hanya 2,5 persen air tawar yang bisa diminum! Nah, penghasil air tawar di planet ini ada di Antartika dan dibawah tanah.

Ya! di Antartika, tiga perempat balok-balok es-nya adalah air tawar. Selain itu, Danau Baikal yang ada di Russia, punya 20% air tawar loh.

6. Elemen di Dalam Air

Fakta menarik air yang keenam adalah ini! Ada yang tahu, elemen di dalam air terdiri dari apa? Bagi yang pintar tentu tahu. Elemen di dalam air adalah Hidrogen dan Oksigen. Lalu, muncullah H2O.

7. Warna Air Menurut Ilmu Pengetahuan

Fakta Menarik Air

Kita biasanya melihat warna air itu bening atau biru. Dan ternyata, menurut ilmu pengetahuan warna air adalah biru cerah kehijauan!

Mengapa bisa biru cerah kehijauan? Itu disebabkan panjang gelombang dengan ukuran pendek. Sedangkan yang panjang, warnanya menjadi merah atau jingga. Panjang gelombang sendiri adalah periode spasial dari gelombang periodik. Berhubungan dengan fisika atau sejenisnya.

8. Jumlah Air Tawar di Atmosfer

Tahukah kamu, kalau di atmosfer punya air tawar? Nah, uniknya, air tawar di atmosfer jumlahnya lebih banyak daripada jumlah air seluruh sungai di Planet Bumi!

9. Sungai Terpanjang di Dunia

Foto sungai

Sungai ada yang pendek, ada yang panjang. Ada yang terpanjang di dunia, dan ada yang di Indonesia. Sungai terpanjang di dunia tentu ada banyak. Tapi ini bukan pembahasan sungai-sungai. Jadi, 7 sungai terpanjang itu adalah :

A. Sungai Nil : Afrika Timur

B. Sungai Amazon : Amerika Selatan

Sungai Amazon

C. Sungai Yangtze : Cina

D. Sungai Mississippi : Amerika Serikat

E. Sungai Yenisei : Russia

Sungai Yenisei

F. Sungai Kuning : Cina

G. Sungai Ob : Russia

10. Molekul Air Tidak Punya Batas Usia

Iya, molekul air tidak memiliki batas usia. Jadi, air yang kita pakai, kita minum dan lain-lain, itu sama seperti air yang digunakan Dinosaurus atau Albert Einsten.

11. Kenapa Kucing Takut Air?

Aku baca di sebuah situs. Para ilmuwan yakin, kucing takut air karena nenek moyang kucing tidak tinggal di wilayah yang dekat air. Atau malah sangat sedikit air. Jadi tidak tahu cara berenang. Alasan yang cukup lucu, ya.

12. Jenis Minuman yang Paling Banyak Diminum

Lagi-lagi baca di sebuah situs. Setelah 20 tahun soda menjadi jenis minuman pilihan warga Amerika, akhirnya pada tahun 2013, peringkat itu diduduki oleh air putih atau air minum. Dan akhirnya itu menjadi air paling favorit.

13. Jumlah Molekul Air per 10 Tetes

Nah, jika sub judul sebelumnya bahas jumlah air di Bumi, maka yang ini jumlah molekul airnya. Tahukah kamu, molekul air itu sangat banyak? Apalagi per 10 tetes.

Fakta menariknya, molekul air dalam 10 tetes bisa sama dengan jumlah bintang di alam jagad raya diluar sana! Masya Allah, hebat sekali ya!

14. Antartika

Fakta Menarik Air

Siapa yang tidak tahu Antartika? Tempat ini juga disebut benua. Di Antartika-lah es merajai di sana. Sayangnya, karena pemanasan global, es-nya pelan-pelan cair.

Nah, fakta menariknya, tempat ini sudah diisi bahkan tertutup es sejak 30 miliar tahun yang lalu! Sekarang, Antartika tertutup es & salju seberat 10 ribu triliun ton!

15. Akibat Minum Terlalu Sering

Minum memang harus sering, kalau tidak, bisa dehidrasi. Salah satu penyebab dehidrasi adalah depresi. Akan tetapi, jangan minum terlalu sering.

Jarang minum tidak baik, terlalu sering minum juga tidak baik. Kenapa? Karena, jika terlalu sering, kadar garam dalam tubuh, atau sodium atau juga tekanan darah, bisa turun drastis!

Nah, itulah 15 fakta menarik air. Masih ada banyak sekali fakta-fakta di dunia ini tentang air. Salah satunya ubur-ubur dan mentimun terdiri dari 95% air.

Tetap peduli dengan air ya, jangan melakukan pemborosan air. Yang dimaksud hemat air itu, ketika kran air tidak digunakan, segera matikan.

Baca juga : Bunga Matahari & Macam-Macam Energi

Sekian dulu artikel ini, semoga semakin menambah wawasan Anda. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *