Sebuah Cerita tentang Buah Babuku-Buah asli Kalimantan

Assalamu’alaikum, sekarang aku mau cerita si buah babuku, ini adalah buah langka sekaligus buah hutan dari Kalimantan. Nah, aku sudah mencoba memakan buah ini beberapa hari yang lalu. Ibuku waktu itu baru dapat buah dari pasar, namanya ya si buah Babuku.

Ciri-ciri buah ini itu kulit luarnya kasar dan keras, mirip srikaya. Warna kulitnya hijau tua berbintik hitam dan dalamnya seperti kelengkeng.

Ini foto buah Babuku

cerita si buah babuku
Sumber : Dokumen pribadi

Setelah aku mencoba memakannya, ternyata rasanya manis asam dan enak. Aku pun memakan habis buah Babuku ini.

Waktu itu lagi musim buah, jadi di pasar buah ada yang menjual buah-buah langka dari Kalimantan, termasuk buah Babuku. Oiya, sekarang itu aku masih tinggal di Paringin-Kalimantan Selatan, jadi masih bisa menemukan buah-buah hutan dari tempat tinggalku ini. 

Buah Babuku ini sebenarnya asli dari Kalimantan Timur dan bisa tersebar sampai Brunei Darussalam, loh. Oiya, nama lain dari Buah Babuku adalah buah Ihau, tetapi, masyarakat Tanjungselor Kabupaten Bulungan, menyebut buah ini sebagai buah Mata Kucing, dengan alasan biji dan isi buahnya mirip mata kucing. Unik ya?

Tahu tidak, buah Babuku ini di Kalimantan disebut Ihau. Dan pohonnya itu seperti pohon-pohon lain di hutan Kalimantan, batang yang besar dan kokoh serta menjulang tinggi. Sebenarnya buah ini memiliki dua warna, yaitu warna kuning kecokelatan dan hijau tua.

Buah ini juga menjadi santapan bagi hewan, seperti monyet, burung enggang dan satwa-satwa yang lain yang ada di Kalimantan. Menurut situs legnalived.blogspot.com, zaman dulu orang-orang menjual buah ihau dengan takaran bekas kaleng susu ukuran kecil, tetapi sekarang dijual dengan takaran kilogram seperti buah-buah lainnya.

Satu informasi lagi, karena rasanya manis seperti klengkeng, orang Kalimantan pun menyebutnya sebagai “Buah klengkeng asli Kalimantan“.

Teman-teman, baca juga artikel aku yang berjudul Cerita dari Si minyak Zaitun yang Bermanfaat dan Buah Asam Keranji.

Nah, begitulah informasi mengenai Babuku, Si buah langka dari Kalimantan sekaligus buah endemik Kalimantan yang kudapat dari google, udah lumayan banyak. Wassalamu’alaikum warah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *