Cara Memilih Jenis Font pada Microsoft Word, Cepat

cara memilih jenis font pada microsoft word

Assalamu’alaikum, sekarang aku mau membahas cara memilih jenis font. Bagi yang sudah lama memakai Microsoft Word, tentu sudah mengetahui pembahasan ini. Tetapi, yang masih baru saja memakainya, tentu masih bingung.

Oiya, sebelum Anda mempelajari Cara memilih jenis font, Anda perlu tahu dulu Apa itu font dan font apa saja yang terbaik di microsoft word. Kalau begitu, yuk kita langsung saja.

Apa itu Font dalam Microsoft Word dan font apa saja yang terbaik juga terburuk?

Font itu adalah desain untuk serangkaian karakter. Font merupakan kombinasi dari jenis huruf dan juga kualitas lainnya, contohnya seperti ukuran, tebal, dan jarak sebuah tulisan. Font juga berfungsi untuk mengganti jenis font pada dokumen. Sementara itu font default yang digunakan dari word 2007 sampai yang terbaru adalah Calibri.

Lalu, font apa saja yang terbaik dan terburuk? Pada kali ini aku hanya memberi tahu 5 font terbaik dan 5 font yang kurang baik hasil tulisannya.

Font terbaik :

  1. Helvetica. Kenapa Helvetica masuk font terbaik? Karena font yang satu ini memberikan tampilan yang bersih, kontemporer dan tetap terlihat profesional
  2. Georgia. Kenapa font yang satu ini terbaik? Karena, font yang satu ini memiliki bentuk goresan huruf yang tebal dan bisa tetap terbaca meskipun ukuran font size kecil ( maksimal font sizenya adalah 7 ).
  3. Constantia.
  4. Calibri
  5. Cambria

Font yang kurang bagus hasil tulisannya :

  1. Times New Roman. Mengapa font yang sudah banyak digunakan ini masuk? Sebenarnya, nggak ada yang salah dengan font ini. Tetapi, font yang satu ini sudah banyak sekali digunakan, sehingga jika kita memilih font ini maka tulisan kita kurang menarik. Font yang satu ini juga kurang mudah dibaca pada ukuran huruf yang kecil dan kurang bagus di layar.
  1. Arial. Mengapa font ini juga masuk? Ini juga sebenarnya sama seperti Times New Roman, yaitu sudah banyak digunakan. Jika memakai font ini, tulisan kita juga terlihat seperti tidak banyak memberikan usaha dan pikiran kita. Tapi, masih banyak kok font yang lebih baik dari Arial.
  2. Courier
  3. Brush Script
  4. Impact

Ya, jadi itulah pembahasan mengenai apa itu font dan font apa saja yang terbaik dan kurang baik. Kalau begitu, bagaimana cara memilih jenis font? Yuk, kita langsung saja.

Cara Memilih Jenis Font menggunakan Ribbon

Caranya yaitu :

  1. Buka Microsoft Word, kemudian di grup Font bisa klik anak panah kecil menuju arah bawah. Atau bisa juga dengan melakukan Ctrl+Shift+F di keyboard secara berbarengan. Lihat gambar dibawah ini.

cara memilih jenis font

Setelah itu, Anda bebas mau memilih jenis font yang diperlukan. Namun, bagaimana jika tulisan sudah dibuat padahal jenis Font masih Calibri? Maka, caranya yaitu :

  1. Blok teks ( memblok tulisan ), kemudian klik menu home. Lalu di search font yang tersedia, Anda ketikkan font yang diperlukan. Misalnya Times New Roman, gambar dibawah ini akan membuat lebih jelas.

memilih jenis font yang dibutuhkan

  1. Nah, setelah itu lakukan enter. Maka, tulisan pun akan berubah sesuai jenis font yang kita ketikkan.
  2. Jika tulisan itu penting, maka setelah mengatur Font dan Font Size Anda melakukan Save as.
  3. Sudah selesai deh

Cara Memilih jenis Font dengan Font Windows

Caranya yaitu :

  1. Block tulisan yang sudah dibuat
  2. Kemudian klik icon font  di grup Font. Atau jika ingin lebih cepat, lakukanlah Ctrl+D. Maka Font Windows akan terbuka. Lihat gambar dibawah ini agar tahu bagaimana icon font itu.

Cara memilih jenis font

  1. Setelah itu, pada bagian Font Anda ketikkan jenis yang diperlukan. Misalnya font jenis Book Antiqua, kemudian Anda klik OK. Lihat gambar dibawah ini.

memilih jenis font

  1. Setelah itu, tulisan pun akan berubah sesuai nama font yang telah diketik.

Cara mengubah font size menggunakan Grow Font dan Shrink Font

Oiya, Grow Font dan Shrink Font ini fungsinya untuk mengatur font, dan lebih cepat. Karena tinggal klik-klik saja, bagaimana caranya? Yuk, kita bahas.

  1. Buatlah dulu sebuah tulisan atau buka dokumen word yang hendak diubah font size-nya
  2. Kemudian block tulisan itu
  3. Lalu, klik Grow Font / Shrink Font disebelah font size. Lihat gambar dibawah ini.

memilih jenis font size

Oiya, Grow Font itu untuk memperbesar tulisan dan Shrink Font untuk memperkecil tulisan. Nanti bisa terlihat di font size kita sudah mengatur sampai ukuran font keberapa. Misalnya font sizenya adalah 15.

  1. Sudah selesai deh.

Cara Membuat Tulisan jadi Berwarna

Caranya yaitu :

  1. Buka Microsoft Word
  2. Kemudian, klik Font color di bagian grup Font. Atau, bisa juga dengan melakukan Alt, Alt+H lalu Alt+FC.

cara memilih jenis font

Nah, setelah itu Anda bebas mau memilih warna yang dibutuhkan atau yang dimau. Maka, nanti tulisan kita jadi berwarna sesuai warna yang dipilih.

  1. Jika warna yang dimau tidak ada, maka klik Font color lalu klik More Color.
  2. Setelah itu, pilih warna yang dibutuhkan. Oiya, di More Color ini ada dua pilihan, yaitu Standard dan Custom.

cara memilih jenis font pada microsoft word

cara memilih jenis font pada microsoft word

  1. Setelah memilih warna, klik OK. Maka tulisan pun jadi berwarna
  2. Sudah selesai deh

Penutup

Jadi itulah pembahasan mengenai Cara Memilih Jenis Font pada Microsoft Word. Cara mana yang lebih mudah untuk memilih font? Menurutku, cara yang paling mudah adalah cara nomor 2. Karena, tinggal mengetikkan font yang dibutuhkan.

Baca juga : 7 Cara Membuat Garis di Microsoft Word Mudah dan Cepat dan Cara Memasukkan Video ke Power Point dengan Mudah.

Sekian tentang artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *