Cerita Buah Matoa, Buah yang Rasanya Enak

Assalamu’alaikum, aku mau bercerita tentang sebuah buah bernama Matoa. Aku baru pertama kalinya memakannya, loh. Sewaktu pulang dari pasar, ibuku membawa buah yang masih asing bagiku. Ternyata namanya buah Matoa.

Nah, ini dia foto buah Matoa yang aku makan

Buah Matoa
Sumber : Dokumen pribadi

Oiya, tahu tidak, buah jenis ini sebenarnya asal Papua, tapi Alhamdulillah aku bisa merasakannya walaupun aku di Kalimantan Selatan. Buah ini rasanya manis, dagingnya itu warna putih agak kekuningan, kulit bijinya berwarna coklat.

Pohon Matoa termasuk pohon besar, karena tingginya bisa 18 m dan diameternya 100 cm. Pohon ini kebanyakan berbuah sekali dalam setahun, loh. Di Papua, Matoa sudah banyak tersebar, bahkan sampai keluar Papua, seperti Papua New Guinea dan Sulawesi.

Nama asli pohon Matoa adalah Pometia Pinnata, pohon ini juga tumbuh baik di tanah yang kering atau tidak tergenang dan lapisan tanah yang tebal.

Iklim yang dibutuhkan oleh pohon ini adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (> 1200 mm/tahun). Jadi pertumbuhannya semakin baik.

Di Papua, ada dua jenis Matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Tanaman ini itu juga tahan pada suhu panas dan dingin, dan cukup tahan pada serangga penggangu tanaman. Oiya, rasa buah Matoa itu manis.

Manfaaat-manfaat buah ini diantaranya adalah :

1. Punya cukup banyak mineral dan vitamin, nah salah satu vitaminnya adalah vitamin E.

2. Bagus untuk melawan penyakit

3. Bagi kamu yang tekanan darah tinggi, bisa saja sekali-kali memakan buah ini, karena buah ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi

4. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh

5. Bisa mengatasi stress

6. Dan yang terakhir, bisa menjaga kesehatan kulit

Teman-teman, baca juga artikel aku yang berjudul Cerita tentang manfaat dan cara menanam Jeruk Nipis dan Cerita Si Buah Babuku

Nah, udah dulu ya cerita tentang Si Buah Matoa asal Papua atau asli Indonesia, hebat ya. Udah cukup banyak nih, wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Matoa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *