Cerita tentang Buah Asam Keranji yang bermanfaat

Gambar-buah-asam-keranji

Assalamualaikum, hari ini aku akan menceritakan tentang sebuah flora lagi, ya. Nah, buah itu juga asli Indonesia seperti buah manau, tapi ini asli Kalimantan.

Nah, apakah nama buah itu? Perkenalkan, nama buah itu adalah Asam Keranji.

Oiya, aku juga membeli buah ini loh, ketika membeli buah ini, tempat penjualnya sama loh dengan penjual buah manau.

Tahu nggak, ukuran buah asam keranji ini seperti apa? Nah jawabannya adalah ukurannya seperti buah anggur, loh.

Tapi bedanya, isi buah Keranji ini warnanya oranye, kalau anggur kan seringnya putih, kan. Awalnya sih aku juga kepengen makan Si Keranji ini, tapi ketika melihat isinya oranye kayak durian, aku juga nggak jadi makan.

Di beberapa tempat di Indonesia, buah ini bisa dipanggil Asam Keranji, kranji, asam cina, kuranji, ki pranji(Sunda), parangi dan Ceuradieh(Aceh), nama latin buah ini adalah Dialium indum.

Oiya, tahu tidak, kulit buah ini kering, loh. Jadinya sedikit keras ketika dibuka, tapi nggak terlalu keras juga.

Pohon buah keranji tinggi, loh. Lalu, bagaimana mengambilnya? Ya, mau bagaimana lagi, yang bisa diambil hanya yang sudah jatuh dari pohonnya, tergantung itu masih bagus atau tidak.

Kalau masih bagus bisa dimakan, tapi kalau sudah tidak bagus ya harus dibuang. Bahkan, tinggi pohon ini bisa sampai 35 meter, loh.

Ukuran buah ini berbeda-beda, kalau yang paling kecil ukurannya 25 mili meter, kalau yang paling besar ukurannya 38 mili meter.

Keranji juga memiliki khasiat, khasiat-khasiat itu adalah.

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Dan manfaat keranji lainnya

Nah, itulah empat khasiat keranji yang kujelaskan. Oiya, buah ini juga ada di luar negeri, loh. Seperti Thailand, Malaysia, Ghana dan Nigeria.

Gambar-buah-keranji

Teman-teman, baca juga ya artikel aku yang berjudul Cerita tentang manfaat dan cara menanam Jeruk Nipis dan Cerita dari Si minyak Zaitun yang Bermanfaat.

Nah, sudah dulu ya pembahasan tentang buah Keranjinya, sampai ketemu di artikel berikutnya, semoga bermanfaat,  wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Oiya, teman-teman, untuk menambah pengetahuan, bisa juga ke https://bobo.grid.id/read/08898505/mengenal-buah-asam-kranji-si-asam-beludru?page=all.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *