Bawang Bombay Tanaman yang Masih Keluarga Bawang

Bawang Bombay

Bawang bombay, tentu sudah pernah mendengar nama ini bukan? Nah, kali ini aku akan membahasnya. Simak baik-baik, selamat membaca!

Bawang bombay biasanya digunakan untuk bumbu atau bahan masakan. Tapi, aku pernah dibuatin gorengan dari bawang bombay, loh. Karena enak, aku pengen lagi, tapi belum dibuatin lagi.

Sebutan lain dari bawang ini adalah Onion – sebenarnya sih, itu dalam bahasa Inggris.

Onion pastinya juga memiliki manfaat dan vitamin. Aku jelasin dulu 7 manfaat bawang bombay, ya.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

2. Memperkuat tulang

3. Menguatkan gigi

4. Meningkatkan daya ingat

5. Menjaga kesehatan otak

6. Menghasilkan tenaga

7. Mencegah sembelit

8. Dan masih banyak lagi

Bawang bombai juga memiliki kandungan gizi, diantaranya adalah :

1. Vitamin C

2. Vitamin B6

3. Zat besi

4. Kalium

5. Kalsium

6. Vitamin K

7. Vitamin A

8. Natrium

9. Vitamin B2

10. Protein

11. Vitamin B1

12. Dan masih banyak lagi

Nah, jadi itulah 11 kandungan gizi dari bawang ini. Oiya, Bawang Onion ukurannya lebih besar dari bawang merah dan bawang putih. Warna kulitnya adalah coklat dan dagingnya putih.

Bawang ini juga bisa ditanam dengan bunganya. Tempat bunga bawang ini ada di ujung tangkainya.

Onion berasal dari Asia Tengah, menurut Wikipedia, diperkirakan dari Palestina. Lalu bawang ini menyebar ke India dan Eropa. Menurut Wikipedia juga, bawang bombai hadir di Indonesia karena masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda

Nama latin bawang bombai adalah Allium Cepa Linnaeus. Ciri-ciri dari pohon ini adalah, pohonnya tumbuh dengan kokoh ke atas, akarnya berserabut dan pendek, daunnya punya bentuk seperti pipa tapi tipis dan berwarna hijau tua serta mempunyai ukuran lebih besar ketika dibandingkan sama daun bawang merah biasa.

Lalu, batang semunya ialah pelepah daun serta menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal dan membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri ialah umbi bawang.

Jika ingin menanam bawang jenis ini, maka cocok ditanam dan ideal di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, kalau kurang dari ketinggian segitu, itu belum ideal. Lalu, suhunya yang cocok adalah 18-20 °C, penyinaran sinar matahai panjang sampai 14 jam sehari.

Baca juga : Cerita tentang manfaat dan cara menanam Jeruk Nipis dan Si Tanaman Kunyit

Sekian dulu pembahasan kali ini, sampai ketemu di artikel-artikel berikutnya, wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.