Apa Itu WordPress? Dan Bagaimana Pengertiannya?

Artikel kali ini akan membahas tentang apa itu WordPress, itu adalah salah satu CMS (Content Manajement System) yang paling banyak dipakai di dunia ini dan juga lebih banyak dipakai daripada CMS-CMS lainnya, sebagian orang juga mengatakan 30 persen situs web di dunia memakai WordPress.

Meskipun begitu, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang wordpress ini, jadi sebelum ke pengertian dan sejaranya, kita bahas itu dulu. Oiya, ada baiknya Anda melihat dulu daftar isi dibawah ini agar lebih tahu apa yang akan disampaikan, selamat membaca.

1. Apa itu WordPress

Seperti di pembukaan tadi, CMS WordPress paling banyak dipakai orang untuk membuat situs. Nah, WordPress adalah Software Open Source yang bisa dipakai untuk membuat macam-macam website.

Dengan adanya WordPress, para pengembang situs tidak usah lagi sibuk dengan masalah teknis. Ketika memakai WordPress, kita juga dengan mudah melakukan kegiatan mengedit, mempublish dan mengatur user di website dalam beberapa menit saja, loh.

Kalau masih belum mengerti, berarti Anda cukup tahu saja kalau WordPress adalah salah satu software (perangkat lunak) yang bisa dipakai untuk membuat website dan blog. Setelah mengetahuinya, sekarang mari kita ke pembahasan berikutnya!

2. Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

apa itu wordpress

Di nomor 2 ini, yang dibahas adalah perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Ini dia sembilan perbedaannya dan bisa dipertimbangkan dulu mau menggunakan wordpress.com atau yang satunya, jika Anda belum mengetahuinya.

A. SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization dan SEO ini merupakan salah satu elemen penting dan perlu diperhatikan jika ingin menekuni dunia blog. Nah, biasanya ada plugin-plugin yang membantu dan mempermudah kita untuk SEO ini.

Oiya, kualitas SEO website dan blog akan menentukan performanya di hasil pencarian. Semakin baik kualitas SEO nya, maka semakin banyak kesempatan dan kemungkinan blog atau websitenya muncul di halaman pertama pada hasil pencarian itu.

Tapi, di WordPress.com tidak bisa instal plugin apapun, padahal plugin-plugin ini sangatlah diperlukan di dalam blog. Jika ingin bisa menambahkan plugin-plugin SEO (contohnya Yoast SEO, All in One Pack SEO dan banyak lagi) maka sebaiknya gunakanlah WordPress.org, karena disini bebas mau memasang plugin apapun yang diperlukan.

B. Powered By

Ini adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menggunakan WordPress.com. Kenapa? Karena mau tidak mau akan ada backlink kepada wordpress, dengan tulisannya powered by wordpress. Dan mungkin juga itu akan mengganggu sebagian orang dalam bentuk visual.

Kalau ingin tidak ada tulisan seperti itu, maka bisa menggunakan WordPress.org yang bebas menentukan dan mengatur sendiri blog nya.

C. Theme / Tema

Theme atau tema merupakan salah satu bagian penting dalam blog kita. Dan, jika makin banyak pilihan tema, kita makin bisa berkreasi menentukannya agar website atau blog nya semakin menarik. Tapi, sayangnya di WordPress.com, kita tidak bisa menentukannya secara bebas, hanya theme dari wordpress.com yang bisa digunakan.

Kalau merasa Theme nya tidak ada yang cocok, maka lebih baik berpindahlah ke WordPress.org, karena disitu kita bebas menentukan tema nya, dan bisa memakai selain dari wordpress. Ada juga theme versi gratis dan berbayarnya.

D. Plugins

Seperti yang sudah Saya bilang di bagian “A” tadi, ketika menggunakan wordpress versi gratis maka kurang bisa memasang plugin dengan mudah, baik itu berbayar atau gratis.

Dan ini bisa membuat performa blog nya menjadi kurang baik, meskipun wordpress versi gratis ini sudah memberi dan menyematkan berbagai fitur, tapi tetap kurang. Padahal kita perlu plugin keamanan, ataupun plugin-plugin penting lainnya, jadi lebih baik memakai versi berbayarnya.

E. Domain

Di 4 poin sebelumnya sudah diberi tahu kalau wordpress gratis itu diberi batasan-batasan yang cukup banyak. Termasuk URL Domain, layaknya Blogger versi gratis, akan ada tambahan .wordpress.com dibelakang nama domainnya. Contohnya itu menjadi seperti ini : www.bloganda.wordpress.com.

Jika ingin menggunakan ekstensi domain yang populer, maka gunakanlah wordpress.org. Karena disitu kita bisa bebas menentukannya sendiri, misalnya .com, .co.id ataupun .net. Kita juga bisa memilih ekstensi domain yang unik, misalnya .website, .online, .site, .store atau .tech. Sebenarnya bukan itu saja ekstensi domain yang bisa dipakai, masih banyak lagi yang belum disebutkan disitu. Tapi karena contoh, yang disebutkan cuman segitu, intinya kalau wordpress berbayar, kita bebas menentukannya.

Kalau sudah memakai versi berbayarnya, blog kita akan terlihat lebih profesional daripada memakai versi gratisannya.

F. Hosting

Memakai wordpress gratis artinya blog atau website kita sudah otomatis memakai fasilitas hosting yang sudah disediakan oleh WordPress.com.

Meskipun gratis, kapasitas disk spacenya kecil, space yang disediakannya hanya 3 GB. Dengan kapasitas yang hanya segitu, kita tidak bisa mengunggah konten di website atau blog.

Berbeda sekali ketika menggunakan WordPress.org, disini kita bisa bebas menentukan kapasitas disk space nya, mau 3 GB, 5 GB, 10 GB atau malah bisa juga unlimited disk space.

G. Harga

Perbedaan berikutnya adalah harga, baik wordpress.org atau wordpress.com sama-sama gratis. Pada dasarnya, wordpress itu software open source, maksudnya adalah siapapun bisa menggunakannya, memodifikasinya dan mendistribusikannya dengan bebas.

Lalu, perbedaan harga wordpress.org dan wordpress.com ada di sebelah mana? Kenapa wordpress.org perlu biaya tambahan dan wordpress satunya itu gratis sepenuhnya?

Sebenarnya ketika menggunakan wordpress.org, yang dikeluarkan hanya biaya untuk hosting dan domain. Bukan untuk membeli software dari wordpress.org.

Di lain sisi, meskipun wordpress.com gratis karena fasilitas hosting dan domainnya sudah disediakan, tetap ada batasan-batasan yang diberikan seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya dan akan dijelaskan lagi beberapa pada poin berikutnya.

H. Analytics

Sebagai pemilik situs yang baik, tentu Analytics diperlukan karena dipakai untuk melakukan aktifitas evaluasi terhadap kinerja situs atau blog kita. Misalnya evaluasi tentang, “Berapa pengunjung situs kita dalam sebulan?” atau bisa juga “Berapa lama pengunjung ada di website?” dan masih banyak lagi.

Tapi, apakah kita bisa mendapat itu semua di wordpress versi gratis ini? Ya tidak, namanya juga versi gratis, pastinya banyak ketentuan dan syaratnya. Meskipun masih disediakan, tapi yang disediakan itu masih analytics dasar, jadinya tidak bisa mengetahui lebih banyak lagi.

Kalau ingin bisa memasang analytics menggunakan Google Analytics, maka yang dipakai adalah wordpress versi berbayarnya. Nggak hanya Google Analytics, Google Search Console atau plugin-plugin analytics lainnya juga bisa dipakai untuk semakin mendukung situs kita.

I. Iklan

Yang terakhir ini bisa membuktikan kalau mau menghasilkan uang dari internet itu jangan memakai wordpress.com dan itu bukan jalan yang tepat.

Karena, seperti yang sudah dibilang di atas, wordpress.com itu gratis, jadi yang disediakannya pun terbatas. Meskipun masih bisa pasang iklan, tapi memasangnya itu harus dari WordAds dan itu juga harus memenuhi ketentuan dan juga syarat yang berlaku.

WordAds itu penyedia layanan iklan dari WordPress, jadi kalau pakai versi gratis, tidak bisa pasang iklan dari AdSense. Itu kan penyedian layanan iklan terbesar saat ini yang disediakan oleh Google.

Nah, jadi demikianlah sembilan perbedaan wordpress gratis dan berbayar. Pilihannya ada di dalam diri Anda, mau memakai yang gratis atau berbayar, kalau gratis, ya berarti harus siap dengan konsekuensi yang telah disebutkan di atas. Baik, sekarang mari kita ke pembahasan berikutnya.

3. Pengertian dan Manfaat WordPress

Sebenarnya, pengertian WordPress itu sama seperti pembahasan nomor satu, yaitu sebuah CMS paling populer diantara CMS-CMS lainnya (selain wordpress, masih ada Joomla! dan Drupal yang banyak juga dipakai). Dengan begitu, wordpress cukup menguasai pasar CMS.

Oiya, pada awal kemunculannnya, WordPress adalah platform untuk membuat blog saja. Tapi, karena selalu mengupdate nya terus, WordPress sekarang tidak hanya untuk pembuatan blog, tetapi bisa juga dipakai untuk yang lain. Apa saja? Lihat dibawah ini.

A. Website dan Blog Pribadi

Bila ingin membuat website ataupun blog pribadi, bisa menggunakan wordpress. Dan disesuaikan kebutuhan saja mau langsung memakai wordpress.com atau wordpress.org. Kalau masih belum tahu tentang WordPress, bisa pakai versi gratisnya dulu, yaitu yang wordpress.com. Jika sudah cukup bisa memakainya dan butuh lebih banyak lagi ruang, bisa pindah ke versi berbayarnya.

B. Bisa digunakan untuk Website Toko Online

Selain website pribadi, software WordPress ini juga bisa dipakai untuk toko online. Ada banyak sekali plugin yang bisa dipakai untuk memperbagus situs toko online Anda.

C. Website Perusahaan

Selain bisa dipakai untuk website pribadi dan toko online, platform CMS ini juga bisa dipakai untuk Website perusahaan. Websitenya bisa dipakai untuk membangun kredibilitas perusahaan kita di dunia internet. Ini juga berlaku baik untuk sebuah perusahaan yang transaksinya dilakukan secara offline atau online.

4. Sejarah WordPress dan mengenal Sang Pendiri

apa itu wordpress

Sejarah WordPress ini asal-usulnya dari dua orang developer, mereka adalah Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada mulanya, Matt Mullenweg memakai platform bbpress.org (biasa disebut b2), lalu platform tersebut sudah tidak beroperasi lagi sampai sekarang, sehingga Matt pun mulai mengembangkan platform sendiri, tetapi masih mengutamakan standar sebuah website yang strukturnya baik dan bernuansa bersih.

Lalu, di tahun 2003, keinginan Matt untuk membuat platform semakin kuat, ia pun mengajak temannya yang bernama Mike Little untuk membantunya mengembangkan WordPress. Dan ternyata, salah satu pengembang b2 yang bernama Michel Valdrighi ikut membantu mengembangkan WordPress.

Pada tanggal 27 Mei 2003, versi pertamanya WordPress muncul lalu dilanjutkan lagi menjadi WordPress Wiki atau biasa dikenal dengan nama codex.wordpress yang dikeluarkan di bulan Desember 2003. Lalu, WordPress pun mengalami popularitas yang semakin banyak, dan ini yang membuat CMS nya mendapat update besar-besaran pada bulan Januari 2004.

Ketika update besar-besaran itu, ditambahkan pula fitur multiple category, edit link dan interface admin yang lebih bagus dari versi sebelumnya. Update masih terus dilakukan di bulan Mei 2004 dengan versi perilisan 1.2, disini WordPress memperkenalkan fitur-fitur baru lagi, seperti sistem moderasi komentar, review post dan arsitektur plugin versi terbarunya.

Tahun 2005, adalah salah satu tahun paling bersejarah bagi WordPress, karena versi 1.5 yang rilisnya pada tahun ini, diunduh sebanyak 900 ribu kali, dan akhirnya dimulai service layanannya melalui situs WordPress.com.

Sekarang, WordPress sudah dikembangkan, dikelola dan dipelihara (maintain) oleh banyak komunitas yang jumlah anggotanya mencapai ribuan orang. WordPress selalu meluncurkan versi barunya setiap 2 atau 3 bulan sekali. Pada setiap versi barunya, selalu ada fitur baru dan selalu ditingkatkan sistem keamanannya.

Matt Mullenweg : Nama lengkapnya adalah Matthew Charles Mullenweg, tapi lebih dikenal dengan nama Matt Mullenweg. Orang ini berkebangsaan Amerika dan lahir pada tanggal 11 Januari 1984. Pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress.

Mike Little : Mike Little adalah seseorang yang lahir pada tanggal 12 Mei 1962 dan berasal dari Inggris. Ia lebih dikenal sebagai pengembang WordPress.

5. Keunggulan WordPress

Nah, jika sebelumnya kita telah membahas sejarah wordpress, sekarang pembahasan berikutnya adalah keunggulan wordpress. Salah satunya adalah ribuan theme dan plugin melimpah ruah, tapi selain itu masih ada 4 keunggulan lainnya, apa saja? Lihat dibawah ini.

A. Pluginnya melimpah ruah

Keunggulan yang pertama adalah “Pluginnya melimpah ruah”, ada sekitar 50.00 plugin gratis yang sudah tersedia pada bagian repository-nya. Plugin ini dibutuhkan ketika kita mau menambahkan sebuah fitur yang dibutuhkan untuk situs kita.

Salah satunya adalah plugin WooCommerce, plugin ini bisa membantu Anda untuk mengubah situsnya menjadi situs e-commerce. Dan masih banyak lagi plugin yang bisa digunakan agar situs kita benar-benar terlihat profesional.

Lalu, masih ada juga developer-developer yang menjadi pihak ketiga yang menyediakan plugin gratis ataupun berbayar. Hingga akhirnya, pengguna CMS ini bisa membangun situs WordPress-nya dengan gampang dan sesuai keinginannya.

B. Ribuan Theme tersedia dan Mudah Untuk di Kustomisasi

Kelebihan berikutnya yaitu ribuan Theme tersedia dan mudah untuk di kustomisasi, tanpa perlu pakai coding-coding. Di repository-nya sendiri, ada 7.000 Theme gratis yang sudah tersedia.

Jika ingin mengganti-ganti warna, font ataupun layout tulisan di blog kita, kita tinggal melakukan klik-klik saja. Selain itu, ada juga Theme-Theme berbayar yang telah tersedia ataupun disediakan oleh toko-toko lainnya. Sebagai contohnya itu GeneratePress dan ThemeForest.

C. Multifungsi

Dengan banyaknya Plugin dan Theme yang sudah tersedia, maka membuat website apapun di CMS ini rasanya hampir tidak ada yang bisa dibuat.

Seperti yang sudah dibilang pada bagian “Pengertian dan Manfaat WordPress”, CMS WordPress ini tidak hanya bisa dipakai untuk situs pribadi atau toko online saja, tapi bisa untuk company profile, website portofolio dan bisa juga untuk situs e-commerce.

Di bawah ini adalah beberapa situs terkenal yang memakai wordpress.

1. TechCrunch.com (situs berita)

2. AngryBirds.com

3. The Walt Disney Company (situs company profile)

4. Mercedes-Benz.com

5. Fortune.com

6. Dan masih banyak lagi

D. Keamanan yang Bagus

Keamanan sebuah data adalah salah satu hal yang paling penting ketika kita mulai memiliki website, terutama jika kita berurusan dengan informasi pribadi dan juga transaksi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena di WordPress berbayar, banyak sekali plugin-plugin peningkat keamanan yang udah tersedia, dengan contohnya Sucuri Security dan WordFence. Selain itu, CMS ini juga meng-update penggunanya tentang isu-isu keamanan yang ada.

E. Tutorialnya Banyak di Internet dan Mudah Dipelajari

Kelebihan berikutnya dari WordPress dan cukup berbeda dari CMS-CMS lainnya yaitu mudah dipelajari. Tidak hanya dalam pengoperasiannya, tapi juga bagi pengguna baru.

Dengan tekad belajar yang tinggi, orang awam pun bisa memahami wordpress dengan cepat. Karena di internet, banyak sekali bertebaran artikel yang membahas wordpress, tutorial wordpress dan masih banyak lagi.

F. Ada Komunitas yang Besar

Pada pembukaan artikel ini, sudah dijelaskan sekitar 30 persen situs di dunia memakai wordpress. Jadinya di internet akan banyak sekali ditemukan pengguna-pengguna CMS ini dan CMS ini juga merupakan penguasa pasar CMS saat ini.

Lalu, ada juga berbagai event yang menampung para pegiat wordpress, contohnya WordCamp. Para pengguna wordpress pun ada yang membuat forum diskusi untuk berbagi ilmu terbaru dan insight tentang wordpress atau tutorial wordpress. Forum diskusinya juga ada yang diadakan secara offline dan juga online.

Jika Anda belum paham tentang wordpress ini, maka bisa belajar dari internet ataupun forum-forum diskusi yang mengajarkan tentang wordpress dan tutorialnya.

Jadi, demikianlah pembahasan mengenai apa itu WordPress. Nah, kalau Anda ingin memakai wordpress.org, maka bisa saja membeli dari web hosting dan domain di situs-situs penyedia layanan seperti itu di internet.

Sebagai referensi, silahkan baca juga artikel Saya yang berjudul cara membuat background di word dan cara copy paste di word.

Selain keuntungan wordpress.org banyak, wordpress berbayar ini juga lebih mudah dipakai. Nah, jadi sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *