Apa Itu SSL? Dan Apa Saja Kegunaan dari SSL??

Apa Itu SSL

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, SSL menjadi indikator utama SEO website dan bisa berpengaruh pada rangking pencarian di mesin pencari. Lalu, apa itu SSL? Mungkin sudah banyak orang yang sudah tahu tentang SSL ini, tapi mungkin ada juga yang belum mengetahuinya. Dan Google juga menandai situs yang belum memakai SSL sebagai situs Not Secure, saking pentingnya, ya.

Jadi biar tidak penasaran, kita langsung saja berangkat ke pembahasan-pembahasan yang ada dibawah ini, semoga bermanfaat!

1. Apa yang Dimaksud SSL dan TLS?

SSL atau Secure Socket Layer merupakan sistem keamanan dan ketika dipasang di website Anda, URL situs pun akan berubah menjadi HTTPS. Tujuan paling utama dari SSL ini ialah untuk mengamankan pertukaran data yang terjadi di internet.

Tetapi, di masa sekarang, SSL tidak lagi dipakai, tetapi digantikan oleh temannya. Dan itu bernama TLS atau Transport Layer Security. Tetapi karena istilah SSL lebih terkenal, banyak orang tetap memanggilnya dengan nama SSL.

Tapi, meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan kedua istilah itu. Karena baik SSL atau TLS, sama-sama mengamankan transfer data yang ada di dalam situs. Tapi tentu saja TLS ini lebih aman dari pendahulunya, namanya versi baru, jadi ada yang berbeda dong.

2. Cara Bekerjanya SSL/TLS

SSL atau sertifikat SSL akan membantu kita untuk menjaga komunikasi dua laptop yang terhubung sama jaringan internet.

Nah, SSL punya dua kombinasi. Kombinasi itu bernama private key dan public key. Private key dipakai untuk mendekripsi data ke format agar bisa dipakai lagi sama penerima data. Sedangkan public key, dipakai untuk mengunci data yang mau dikirim.

Contoh pertukaran data itu seperti mengirim dan menerima email, mendatangi website, data-data penting perusahaan dan membeli barang online. Nah, SSL akan mengunci itu semua supaya tidak ada pihak yang mau mencoba-coba mengambil data untuk dipakai sembarangan.

3. Apa Saja Kegunaan SSL/TLS?

Setelah membahas apa yang dimaksud SSL dan cara kerja SSL, Saya mau membahas kegunaannya. Diantaranya adalah :

A. Meningkatkan Rangking Situs di Mesin Pencari

Jika Anda menyadarinya, Anda akan melihat situs-situs yang rangking hasil pencariannya sudah tinggi, situs-situs itu sudah memakai SSL/TLS. Dan, sistem keamanan ini juga membuat Google suka jika website sudah ada sistem keamanan ini – sebenarnya tidak hanya suka saja –.

Google juga “menghalangi” pengunjungnya agar tidak mendatangi situs yang belum memiliki sertifikat keamanan ini.

B. Meningkatkan Kehormatan Website

Jika blog atau website sudah ada SSL/TLS, browser akan memperlihatkan notifikasi sendiri-sendiri – maksudnya tiap browser beda notifikasinya –. Contohnya  Firefox, notifnya berupa ikon gembok berwarna hijau yang terkunci. Sementara itu, Google Chrome dan Edge, notifnya berwujud ikon gembok yang terkunci juga.

Eits, jangan remehkan notifikasi ini, sebab notif ini akan meningkatkan kepercayaan dan kehormatan Anda di depan visitors. Ketika ada notifikasi, visitors website pasti percaya untuk mengakses website. Situs toko online pun juga sama, calon pembeli juga percaya situs Anda aman dan mereka bisa tenang berbelanja.

C. Bisa Menghindari Salah Kirim Data

Kegunaannya yang ketiga dari SSL ini bisa digunakan untuk authentication – otentikasi. Maksudnya ialah, SSL/TLS memastikan kita mengirim data atau informasi ke website yang sesuai tujuan. Bukan ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ataupun hacker.

D. Bisa Menghindari Pencurian Data

Kegunaan keempat dari SSL ialah, bisa menjaga Anda dari pencurian data. Caranya, SSL ini melakukan penyebaran data atau enskripsi yang sensitif. Jadinya, orang tidak akan bisa membaca data yang kita punya dan data yang dikirimkan.

4. Manfaat dari SSL/TLS

Jika sebelumnya yang dibahas kegunaan SSL, sekarang yang dibahas adalah manfaat SSL. Apa saja? Lihat dibawah ini!

A. Bisa Meningkatkan Kualitas SEO

Manfaat SSL yang pertama dan sudah dibahas di artikel ‘Apa Itu SEO’ ialah meningkatkan kualitas SEO. Sedikit membuka artikel ‘Apa Itu SEO’, Google sudah menetapkan algoritma yang mengutamakan situs-situs yang memakai SSL daripada yang tidak memakainya. Jadi, Anda harus segera memakainya, terlebih lagi ada juga SSL murah dan ada juga versi gratis.

Tapi, tidak hanya itu saja faktor SEO-nya, untuk lebih lengkap, silahkan lihat DISINI.

B. Menjaga Aktifitas Transfer Data di Blog / Website

Manfaat SSL lainnya adalah dengan penjagaan yang dipunyai oleh SSL, data akan lebih terjaga. Aktifitas bertukar data yang terjadi antara laptop Anda ke laptop pengunjung yang mendatangi situs Anda akan dijaga oleh private key dan public key. Apalagi ada tulisan HTTPS dan label gembok, itu akan membantu pengunjung baru agar lebih tenang mengakses situs milik Kamu.

C. Meningkatkan Kehormatan Blog

Seperti yang sudah dibilang di pembukaan, situs yang masih pakai HTTP, Google akan menandainya sebagai situs Not Secure. Dan itu juga akan terjadi ketika visitors mengunjugi situs Anda. Tanda itu juga akan muncul ketika visitors mengisi informasi atau data sensitif, contohnya nomor rekening, data pribadi, form ataupun data login dan password.

Jadinya, Google seperti ‘mendesak’ pemilik situs untuk mengunci dan mengamankan data yang ada dalam jaringan internet – memaksanya tapi secara tidak langsung –.

5. Macam-Macam SSL/TLS

SSL juga memiliki jenis-jenisnya, tetapi ini diberi perbedaan sesuai kebutuhan keamanan SSL/TLS masing-masing blog dan website.

A. Extended Validated SSL – EV SSL

EV SSL merupakan sistem keamanan SSL yang paling tinggi, dan ini bagus untuk bisnis online terutama website e-commerce. Ciri dari EV SSL ini ialah dengan tertulisnya nama bisnis Anda dengan warna hijau di URL bar dekat nama website.

B. Organization Validated SSL – OV SSL

OV SSL adalah sistem keamanan SSL yang hampir sama dengan DV SSL. Bedanya, pemilik website harus menjalankan verifikasi dengan memperlihatkan legitimasi domain dan bukti kepemilikan.

SSL jenis ini biasa dipakai di situs perusahaan supaya terlihat lebih terpercaya dan aman bagi pengunjung website. Penanda jika kamu memakai SSL jenis ini, bisa dilihat dari gembok warna hijau dan tulisan HTTPS.

C. Domain Validated SSL – DV SSL

DV SSL bagus digunakan di situs testing atau website internal bisnis Anda. Tapi, DV SSL kurang cocok ketika dipakai untuk situs e-commerce, cocoknya EV SSL. Nah, SSL jenis ini hanya membutuhkan kepemilikan domain, yakni email atau validasi DNS. SSL ini juga cocok bagi bisnis berkembang. Ketika kamu sudah memakai SSL jenis ini, maka tandanya ada gembok warna hijau dan tulisan HTTPS.

Demikianlah artikel tentang apa itu SSL dan karena ini sangat penting, maka Anda harus segera menghidupkannya. Karena, itu bisa menaikkan peringkat, meningkatkan kehormatan di depan Google dan pengunjung dan tentu juga mengamankan transfer data.

Baca juga artikel yang berjudul : Cara Menghapus Halaman di Word

Agar lebih mudah menghidupkan SSL, bisa instal plugin-plugin SSL, contohnya Really Simple SSL. Sekian dulu artikel ini, wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *