An-Nabati, Si Ilmuwan Muslim Ahli Botani yang Hebat

An nabati si ahli botani

Assalamualaikum, kali ini aku mau memberi tahu tentang ilmuwan muslim yang ahli di bidang Botani. Siapakah dia? Dan ternyata dia adalah An-Nabati.

Siapa nama asli An-Nabati sih? Nama yang sebenarnya adalah Abu Al-Abbas Ahmad Bin Muhammad,  cukup panjang ya nama aslinya. Keluarga An-Nabati itu antara keturunan Arab-Romawi.

Ayahnya An-Nabati yang keturunan Arab, kalau ibunya yang berkebangsaan Romawi Bizantium keturunan etnis Yunani. Dua bangsa itu dulunya adalah kerajaan yang besar dan kuat, tapi diganti oleh peradaban islam.

Nah, itulah kisah keluarga An-Nabati (Abu Al-Abbas Ahmad Bin Muhammad).  Kalau kisah kehidupannya bagaimana ya? Ayo, kita lihat bagaimana kehidupan An-Nabati dari kecil hingga besar.

Sewaktu kecil, saat An-Nabati sedang bermain dengan teman-temannya. Teman-temannya pernah menjuluki dia dengan Ibnu Ar-Rumiyyah (Anak dari wanita Romawi) An-Nabati sebenarnya merasa malu, tetapi dia tetap hormat kepada ibunya.

Ketika An-Nabati sudah baligh, dia pergi dari kota kelahirannya di Spanyol. An-Nabati pergi dari Seville-Spanyol demi menuntut ilmu dan juga untuk mendalami ilmu kesukaanya, yakni Botani.

 Wilayah mana saja ya yang didatangi An-Nabati? Dan wilayah-wilayah itu ada di Afrika Utara, Syam, Irak dan Mesir, terutama di kota Iskandariah.

Selesai pergi dari perjalanan menuntut ilmu, dia pulang lagi ke kota asalnya, yakni kota Seville. Di kota itu, dia mulai meniliti hasil dari belajar botani.

Setelah berhasil meneliti, An-Nabati pun mulai membuat buku tentang botani. Bukunya dijadikan rujukan oleh botani muslim lainnya dan juga botani barat. Orang-orang pun pada berdatangan untuk belajar botani kepada An-Nabati.

Tahu nggak dari semua murid An-Nabati, ada satu murid yang cerdas. Kelak muridnya An-Nabati yang cerdas itu akan menjadi ahli botani juga, loh! Nama murid itu adalah Ibnu Al-Baitar.

Tahukah kalian bidang apa saja yang dikuasai An-Nabati? Hampir semua bidang yang dikuasai oleh An-Nabati masih termasuk pelajaran botani. Yakni botani, farmasi, herbal, fikih, Al-Qur’an dan hadits.

An-Nabati lahir di Seville-Spanyol pada tahun 551 hijriah atau 1166 masehi. Kalau wafatnya adalah tahun 637 hijriah atau 1240 masehi.

Nah, itulah dia kisah kehidupan An-Nabati Si Ahli Botani yang hebat dan keren. Wasalamualaikum warah matullahi wabarakatuh!

Referensi : 36 kisah inspiratif ilmuwan muslim

Penulis : Afriza Han 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *