Al-Jazari, Ahli Teknik Muslim Pertama di Dunia

Al-Jazari

Al-Jazari, sudah pernah mendengar namanya? Kalau yang sering baca tentu sudah tahu siapa dia. Kalau belum, ikuti terus sampai terakhir.

Biar tahu dulu siapa orang ini. Orang ini merupakan salah satu ilmuwan muslim hebat dari sekian banyaknya ilmuwan muslim lainnya. Namanya juga terkenal.

Karya paling fenomenal atau terkenalnya adalah roda gigi. Roda gigi tentu berperan dalam kehidupan manusia. Makin penasaran? Selamat membaca!

Masa Kecil

Al-Jazari lahir di Mesopotamia bagian Hulu. Mesopotamia terletak di antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Pada tahun 530 Hijriah atau 1136 Masehi.

Sejak kecil, ia sudah memperlihatkan kehebatan-kehebatannya. Contohnya ketekunannya untuk ikut kajian-kajian yang dilakukan orang dewasa.

Nama lengkapnya sendiri adalah Badi’ Al-Zaman Abu Al-‘Izz bin Ismail bin Al-Razaz Al-Jazari. Sayangnya, hanya sedikit yang membahas masa kecil ilmuwan hebat satu ini. Jadi, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Karya – Karyanya Untuk Dunia

Seperti yang sudah dibahas pada pembukaan, karya fenomenalnya adalah roda gigi. Selain itu, ia juga membuat? Lihat di bawah ini!

  1. Robot Pembantu

Robot ini juga diciptakan oleh ilmuwan muslim satu ini, loh. Jenis yang dibuatnya adalah robot pembantu makan, pembantu kebersihan, dan pembantu Wudu. Pembantu kebersihan ada dua, satu robot wanita yang menuangkan air untuk cuci tangan, kalau satunya memberikan handuk dan sabun secara otomatis.

  1. Mesin Engkol

Ini juga merupakan salah satu karya fenomenalnya. Karena, mesin ini cukup penting. Fungsinya untuk menggerakkan mobil atau motor.

  1. Mesin Pompa Air

Ini juga terkenal, tapi nampaknya tidak terlalu fenomenal sebagaimana penemuan mesin engkol dan roda gigi atau biasa disebut Gear. Mesin pompa air yang diciptakan Al-Jazari ada lima. Salah satunya adalah watermill dan water wheel.

Dengan keberadaan pompa ini, air yang dalam pun bisa disedot dengan cepat serta mudah.

  1. Peristis Wastafel Modern

Al-Jazari

Mungkin, kalian mengira wastafel diciptakan oleh orang-orang Barat. Namun, siapa yang sangka, wastafel sendiri dirintis oleh ilmuwan muslim ini loh!

Mungkin juga, kalian mengira pencipta wastafel itu adalah Joel Houghton dari Amerika Serikat. Penasaran kan? Ilmuwan muslim satu ini mulai menciptakan alat pencuci tangan pada abad ke-12 Masehi. Alat yang dibuat ini sudah bisa dibilang canggih. Mengapa? Karena alat pencuci tangannya sudah memakai instrumen mekanis atau prinsip hidrolis.

Karena alat ini, kebiasaan baik yang seharusnya tetap dilakukan yaitu mencuci tangan untuk kebersihan, kembali lestari. Alat ini bahkan digunakan untuk berwudu loh!

  1. Jam Lilin

Al-Jazari

Siapa yang tidak tahu lilin? Lilin dipakai untuk alat penerangan ketika sedang mati lampu. Ilmuwan hebat ini bahkan menciptakan jam lilin atau Candle Clock. Fungsinya untuk mengukur waktu.

Tapi, untuk penemuan satu ini, yang lebih terkenal adalah Donald Routledge Hill, sejarawan Inggris. Tapi, Donald memuji karya ilmuwan muslim satu ini sebagai karya yang sempurna. Jadi bisa dibilang ia  terinspirasi oleh ilmuwan ini.

Sebagian besar ilmuwan Muslim membuat buku atau kitab. Makanya, ilmuwan hebat ini membuat buku berjudul fi Ma’rifat Al-Hiyal Al-Handasiya. Berisi pengetahuan-pengetahuan tentang alat-alat mekanik dan bagaimana cara merakitnya.

Tahun wafatnya tidak diketahui pasti. Ada yang bilang tahun 1206 Masehi. Tapi, kalau tahun segitu, kitabnya tidak akan ada. Yang jelas, tempat wafatnya adalah negara Turki.

Baca juga artikel Karyahusein.com lainnya tentang Bapak Trigonometri dan Ahli Botani

Nah, sekian dulu artikel kali ini, sampai ketemu di artikel-artikel lainnya. Wassalamualaiakum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *