Abdurrahman Bin Auf

Assalamualaikum, sekarang aku mau cerita tentang sejarah hidup Abdurrahman Bin Auf yang kaya raya.

Abdurrahman Bin Auf adalah sahabat Rasulullah saw yang paling kaya raya loh! Tapi meskipun dia kaya tetapi tetap dermawan.

Abdurrahman adalah orang yang pertama masuk islam (Assabiqunal Awwalun). Dia masuk islam dengan perantaranya Abu Bakar Ash-Shidiqq.

Oiya, Abdurrahman Bin Auf juga sahabat dari 10 orang dijamin masuk surga. Sebelum masuk islam namanya bukan Abdurrahman Bin Auf, tapi Abd Amr. Seperti sahabat-sahabat yang pertama masuk islam lainnya, Abdurrahman juga sabar dalam ujian itu.

Abdurrahman Bin Auf juga ikut hijrah ke Habasyah(Ethiopia) untuk menyelamatkan diri dan agamanya, Abdurrahman Bin Auf ikut serta ketika pindah ke Madinah. Saat perang Badar terjadi, Abdurrahman Bin Auf banyak menewaskan musuh-musuh Allah, salah satunya adalah Umar Bin Utsman Bin Ka’ab At-Taimy.

Selesai peperangan, Abdurrahman mendapatkan 29 luka, 9 luka yang cukup lebar dan 20 luka-luka kecil. Tetapi, perjuangannya dengan harta jauh lebih besar loh!

Ceritanya adalah ketika mau terjadi perang Tabuk, saat itu perjalanan ke Tabuk cukup jauh dan sulit dilalui jalannya, pas juga Madinah sedang musim panas. Abdurrahman Bin Auf menyedekahkan hartanya sebesar 200 uqiyah emas! Banyak sekali ya!

Pada saat ini juga, Allah memuliakan Abdurrahman Bin Auf sebagai imam shalat karena Rasulullah saw terlambat datang. Saat rakaat terakhir dan hampir selesai, Rasulullah saw baru datang dan ikut berjamaah bersama Abdurrahman.

Pernah suatu ketika, unta Abdurrahman Bin Auf sebanyak 700 ekor membawa hasil dagangan penuh! Sampai-sampai Madinah bergetar, berarti banyak juga ya harta Abdurrahman Bin Auf.

Aisyah berkata saat iring-iringan unta Abdurrahman mau sampai, “Semoga Allah melimpahkan berkah kepadanya. Rasulullah saw pernah bersabda, ketika mau masuk syurga dengan merangkak”. Berarti dekat sekali syurga ya.

Ketika Abdurrahman wafat, ia dikuburkan oleh sahabat-sahabat mulia lainnya, antara lain Ali Bin Abu Thalib, Sa’ad Bin Abi Waqqash, Utsman Bin Affan dan sahabat-sahabat yang lain.

Ada pelajaran loh dari kisah Abdurrahman Bin Auf ini,

  1. Dermawan
  2. Sabar
  3. Dan berani

Itulah kisah hidup Abdurrahman Bin Auf.

Sumber: 101 sahabat nabi

Penulis: Hepi Andi Bastoni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *