7 Manfaat Jeruk yang Berguna Bagi Tubuh

7 manfaat Jeruk

Kali ini aku mau membahas 7 manfaat jeruk dan beberapa pembahasan lainnya. Biar tidak penasaran, yuk, kita langsung cikidot!

Jeruk

Jeruk atau limau ialah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus – nama ilmiah jeruk dari suku Rutaceae – suku jeruk-jerukan.

Anggota dari suku jeruk itu ialah pohon dengan buah yang berdaging dan punya rasa masam yang segar, tapi banyak di antara anggota suku jeruk yang punya rasa manis. Rasa masam sendiri asalnya dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Jeruk berasal dari Asia Tenggara, yaitu India, Cina Selatan. Tapi ada beberapa jenis yang dari Florida, Australia Utara dan Kaledonia. Jeruk besar bisa ditemukan di Kalimantan dan Malaysia. Tapi, sekarang tanaman ini bisa ditemukan di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Pohon Jeruk

Tinggi pohonnya menyentuh angka 2-15 m, dan rantingnya berduri panjang tapi tidak rapat. Daunnya berwarna hijau dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin dan agak berminyak.

Hama yang sering menyerang tanaman jeruk adalah kutu daun, ulat dan Philocnitis – sejenis larva. Dan penyakit yang paling sering datang adalah embun tepung, embun jelaga dan virus keriting.

Cuaca yang Tepat Untuk Jeruk

Tempat tumbuh jeruk yang ideal ada di ketinggian 0-400 mdpl.  Keadaan cuaca yang bagus untuk tanaman jeruk ialah kisaran suhu udara 25 °C – 30 °C atau 20 °C.

Tempat jeruk ditanam harus di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari. Kalau ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit jeruk tebal dan rasanya menjadi pahit – oleh karena itu, tidak cocok ditanam disana. Keadaan tanah yang bagus untuk ditanami jeruk ialah tanah gembur, punya kandungan bahan organik yang tinggi dan juga punya Aerasi serta Drainase yang bagus.

Manfaat & Kandungan Gizi Jeruk

Manfaat jeruk diantaranya adalah :

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

2. Melindungi kesehatan kulit

3. Mencegah sembelit

4. Menurunkan risiko kena kanker

5. Meningkatkan kesehatan mata

6. Bisa menjaga kesehatan mental

7. Memperkuat tulang

8. Dan masih banyak lagi

Kandungan gizi jeruk diantaranya adalah :

1. Karbohidrat

2. Gula

3. Vitamin A

4. Kalsium

5. Vitamin C

6. Protein

7. Serat

8. Potasium

9. Vitamin B1

10. Folat

11. Kalori

12. Dan Thiamin

Oiya, pasti kalian sudah tahu tentang tanaman ini, dia masih satu jenis dengan jeruk. Kalau sudah bisa menebak, berarti bagus, kalau belum, lihat DISINI.

Sekian dulu artikel 7 manfaat jeruk, sampai ketemu lagi. Wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *