6 Jenis Bintang, Apakah Ada yang Baru Diketahui?

Assalamualaikum kali ini aku akan membahas tentang 6 jenis bintang ya. Kalau suka astronomi, mungkin kamu penasaran. Okelah, gak usah pake pembukaan panjang lebar. Selamat membaca!

  1. Bintang Paling Terang

6 Jenis Bintang

Kita mulai dengan bintang paling terang. Apa aja? Lihat dibawah ini!

Sirius : Bintang satu ini terangnya 25 kali lebih cemerlang dari matahari. Ternyata, Sirius bisa dilihat di rasi bintang canis mayor pada tanggal 1 Januari. Jadi bintang ini kelihatannya 1 Januari aja.

Canopus : Urutan selanjutnya mempunyai nama tersebut. Ia bisa dilihat pada rasi bintang Carina. Jika ingin melihatnya, maka tanggal terbaiknya adalah 28 atau 29 Desember. Dan orang yang tinggal di khatulistiwa, bisa melihatnya pada ketinggian 37° di atas horizon selatan.

Arcturus : Urutan ketiga! Bisa dilihat di rasi bintang Bootes. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, mempunyai arti penjaga beruang. Usia Arcturus sendiri sekitar 7,1 milyar tahun.

Alpha Centauri A : Dan yang keempat! Ada pada rasi bintang Sentaurus. Dan ini adalah bintang terdekat dengan tata surya kita. Jaraknya hanya sekitar 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya.

  1. Bintang terpanas

Matahari saja panas, wah kalau ada bintang yang lebih panas, bisa mati kita. Bintang panas itu ada 3 jenis, yaitu Alnilam, Alnitak, dan Mintaka.

Alnilam, Alnitak, dan Mintaka panasnya 6 kalinya matahari! Dan tiga jenis bintang ini berwarna biru.

  1. Bintang terdingin

Bintang terdingin itu namanya Brown Dwarf, suhu dinginnya adalah  177-327 derajat celcius! sangat dingin ya suhunya. Selain dingin ia juga bisa dibilang besar, sekitar 13 sampai 75-80 kali massa Jupiter, loh!

  1. Bintang paling besar

Bintang paling besar namanya R136a1, cukup unik nama bintangnya. Ukuran bintangnya yakni 265 lebih besar dari matahari. Oiya letak bintang ini ada di galaksi yang cukup dekat dengan Bimasakti (Awan Magellan Besar).

  1. Bintang terkecil

Bintang terkecil namanya Ogle-TR-122B, kawan-kawan mengira semua bintang itu kecil? Ternyata bintang ini masih besar juga. Ukurannya bahkan hampir setara dengan Jupiter kalau dilihat dari dekat. Dan beratnya 96 kali lebih berat dari Jupiter.

  1. Bintang terdekat

Nah, ini masuk ke urutan bintang terterang tadi kan? Okelah, kita ulang lagi. Jadi nama dari Bintang terdekat kedua dari bumi setelah matahari, namanya Alpha Centauri. Jaraknya sejauh 4,4 juta tahun cahaya, meskipun berjuta-juta tahun, tapi bintang ini tetap bintang terdekat kedua.

Kalau mau baca artikel lain, silahkan : 3 Galaksi Terbesar di Alam Semesta atau Bunga Matahari

Oke, sekian dulu artikel tentang 6 jenis bintang ini. Semoga semakin menambah wawasan kamu ya. Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *