6 jenis bintang

Assalamualaikum aku mau cerita tentang 6 jenis bintang ya.

Sumber gambar:Google

  1. Bintang terang

Sirius itu bintang yang lebih terang dari matahari lho! terangnya 25 kali lebih cemerlang! kalau mau lihat bintang ini ada di rasi bintang canis mayor ya, pada tanggal 1 Januari. Jadi bintang ini kelihatannya 1 Januari aja.

  1. Bintang terpanas

Bintang panas itu ada 3 jenis, yaitu Alnilam, Alnitak, dan Mintaka. Jadi kalian kira matahari yang paling panas? tidak, banyak sekali bintang yang lebih panas. Salah satunya 3 bintang tadi.

Alnilam, Alnitak, dan Mintaka panasnya 6 kalinya matahari! 3 jenis bintang ini berwarna biru.

  1. Bintang terdingin

Bintang terdingin itu namanya Brown Dwarf, suhu dinginnya adalah  177-327 derajat celcius! sangat dingin ya suhunya.

  1. Bintang paling besar

Bintang paling besar namanya R136a1, cukup unik nama bintangnya. Ukuran bintangnya yakni 265 lebih besar dari matahari. Oiya letak bintang ini ada di galaksi lain.

  1. Bintang terkecil

Bintang terkecil namanya Ogle-TR-122B, kawan-kawan mengira semua bintang itu kecil? ternyata bintang itu ukurannya sebetulnya sebesar Jupiter kalau dilihat dari dekat. Bintang kecil ukurannya hanya 16% tapi beratnya 96 kali lebih berat dari Jupiter.

  1. Bintang terdekat

Bintang terdekat kedua dari bumi setelah matahari, namanya Alpha Centauri. Jaraknya sejauh 4,4 juta tahun cahaya, meskipun berjuta-juta tahun, tapi bintang ini tetap bintang terdekat kedua.

Sumber buku: Wow Subhanallah

Penulis: Tethy Ezokanzo dan Agus Willy

Penerbit: Al-Kautsar kids

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *